Brilio.net - Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang terletak di wilayah Koja, Jakarta Utara mengalami kebakaran pada Kamis (19/10) sore. Bagian kubah masjid terbakar dalam insiden ini. Dilansir dari Antara, Manajemen Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) mengatakan bahwa bagian kubah terbakar saat masih dalam proses renovasi sehingga sedang tidak digunakan untuk beribadah.

Api diketahui berkobar sekitar pukul 15.00 WIB. Berdasarkan video berdurasi 30 detik yang beredar di media sosial, tampak api berjatuhan di bagian dalam masjid dari atap kubah. Sehingga kubah masjid tersebut roboh jatuh ke bawah, akibat hangus di lalap api.

Sontak saja kejadian tersebut langsung menjadi trending topic di jagat maya. Termasuk salah satunya momen para pemuda yang berusaha mengamankan Alquran besar yang berada di dalam Masjid Raya Jakarta Islamic Center.

pemuda amankan Al Quran besar  © TikTok

foto: TikTok/@tiktokfkrnfl

Dalam video yang dibagikan oleh akun @tiktokfkrnfl, kobaran api terlihat membakar kubah masjid, namun sejumlah pemuda tanpa rasa takut berusaha memindahkan Alquran raksasa tersebut. Lokasi Alauran besar dengan titik kebakaran hanya berjarak puluhan meter.

"Ayo-ayo, Alquran nih harus kita pindahin," ucap seorang pria dalam video tersebut dikutip brilio.net pada Kamis (20/10).