Brilio.net - Sebuah jembatan es terputus dari gletser Perito Moreno di wilayah Patagonia Argentina, dalam sebuah fenomena siklus yang menarik ribuan wisatawan.

Gletser, lidah es yang sangat besar di provinsi Santa Cruz yang mencakup 250 kilometer persegi (97 mil persegi), meningkat tahunan ke danau, yang dikenal dengan nama Lago Argentino.

Saat Perito Moreno bergerak maju, ia memotong sebuah sungai yang memberi makan danau tersebut. Air membangun tekanan dan perlahan merongrong es, membentuk terowongan sampai es jatuh.

Jembatan es terputus pada hari Minggu (11/6) dan bongkahan es diperkirakan akan jatuh dalam beberapa hari ke depan. Perpecahan terakhir terjadi pada 2016.

Gletser Perito Moreno terletak di Taman Nasional Gletser yang terdiri dari 2.600 kilometer persegi ladang es dan merupakan rumah bagi 47 gletser besar.

Loading...

Yang paling terkenal adalah Perito Moreno Glacier, yang mengembang di atas lengan selatan Danau Argentina. Ratusan ribu wisatawan berkunjung ke Perito Moreno setiap tahunnya.

RECOMMENDED BY EDITOR