Brilio.net - Bakso sudah menjadi salah satu makanan favorit hampir semua lapisan masyarakat. Apalagi rasanya yang enak jika dipadukan dengan sambal menambah kenikmatan tersendiri. Rupanya tak hanya warga Indonesia saja yang menyukai bakso. Namun, seorang turis cantik di Bali juga senang dengan makanan berkuah tersebut.

Seperti belum lama ini beredar unggahan video turis saat membeli semangkuk bakso ke pedagang keliling. Video tersebut diunggah sendiri oleh sang turis yang kebetulan seorang TikToker bernama Melanie Guintu.

Awalnya, wanita bule itu berpapasan dengan pedagang bakso keliling. Tampak pedagang keliling itu membawa gerobak bakso yang diangkut dengan sepeda motornya.

Dengan cepat Melanie memanggil pedagang bakso tersebut. Tanpa merasa canggung, Melanie kemudian bertanya soal makanan yang dijual oleh pedagang bakso keliling itu.

"What is that? What do you have? tanya Melanie ke pedagang bakso.

"Bakso, bakso," jawab pedagang singkat dengan sedikit rasa gugup, seperti dikutip brilio.net dari TikTok @melanieguintu, Jumat (28/10).

bule beli bakso keliling di Bali © 2022 TikTok

foto: TikTok/@melanieguintu

Melani kemudian bertanya tentang harga bakso yang dijual oleh pedagang tersebut dengan bahasa Inggris. Sejenak pedagang bakso kebingungan menjawabnya.

"How much?," tanya bule tersebut.

Karena tidak tahu cara mengungkapkan Rp 10 ribu dalam bahasa Inggris, pedagang bakso membuat gerakkan tangan sambil bilang 'sepuluh' (ribu).

bule beli bakso keliling di Bali © 2022 TikTok

foto: TikTok/@melanieguintu

Setelah mengira-ngira harganya dalam pecahan rupiah, Melanie pun mempersilakan pedagang keliling tersebut ke tempat yang agak teduh. Melanie lantas banyak bertanya kepada pedagang keliling itu memakai bahasa Inggris. Sementara pedagang bakso itu hanya tahu sedikit-sedikit bahasa asing.

Meski demikian, keduanya terlihat tetap 'nyambung' saat berkomunikasi. Hal itu terlihat ketika pedagang bakso menawarkan saus tomat, saus sambal, dan kecap kepada Melanie.

Melanie tidak mau makan baksonya pakai saus tomat maupun sambal. Dia hanya hanya ingin kecap. Di sinilah terungkap kalau kecap itu soy sauce alias saus kedelai.

"No spicy. Kecap. Is that soy sauce? Yeah that one. Kecap, oh peanut sauce. Oh that looks so good. Enak," kata Melanie.

Lucunya, ketika pedagang bakso memasukkan tahu ke mangkuk, Melanie kembali bertanya. "Is that ayam?" tanya Melanie. "Yes..," jawab pedagang bakso tanpa tahu apa arti pertanyaan Melanie itu.

bule beli bakso keliling di Bali © 2022 TikTok

foto: TikTok/@melanieguintu

Melanie kembali dibuat penasaran dengan makanan yang bernama bakso di Indonesia ini. Baginya, bakso itu sepintas mirip dengan sup.

"That looks delicious. And then he puts some soup. Oh it's soup, hot soup oh. Makasih banyak," kata Melanie.

Setelah menerima semangkuk bakso pesanannya, Melanie segera mencari tempat yang nyaman untuk menikmati kuliner 'sejuta umat' itu. Namun, sebelum menikmati baksonya, Melanie teringat untuk membayarnya terlebih dahulu. Meski tidak yakin sepuluh artinya apa, tapi Melanie menduga itu adalah Rp 10 ribu.

Melanie kemudian menikmati bakso dengan lahapnya. Dia bahkan mengulas rasa bakso tersebut seperti yang dilakukan content creator spesialis kuliner Nusantara.

Tetapi ada pemandangan kocak saat Melanie membuat ulasan. Masalahnya, di belakang turis asal Filipina ini tampak pedagang bakso keliling itu dengan sabar menanti mangkuknya dikembalikan. Pedagang bakso keliling itu terlihat bersandar pada tembok pagar sambil memainkan ponsel di tangannya dengan serius.

Namun, pada akhirnya setelah Melanie selesai makan, mangkok bakso tersebut dikembalikan. Bahkan, Melanie juga sempat menanyakan nama dari pedagang bakso tersebut.

"Enak. Makasih banyak. What's your name?," kata Melanie.

"My name is Ketut," jawab pedagang bakso tersebut.

bule beli bakso keliling di Bali © 2022 TikTok

foto: TikTok/@melanieguintu

Sontak video tersebut viral dan telah dilihat lebih dari 14 juta pengguna TikTok. Tak sedikit juga netizen yang berkomentar atas tindakan lucu dari pedagang bakso tersebut dan harga bakso yang dijualkannya pun relatif murah.

"Salut sama si bapak tetap local price," tulis akun @qqqq131

"Dagang asli Bali, yang beli bule tetep harga lokal," akun @sayuuuuu40

"Lucu banget ya ngomongnya," tulis akun @elbaihaky

"BAKSO MAN!! bapaknya keren, kakaknya santun! mantep," tulis @auonya5x

"yes yes aja dulu lah, yang penting beli," tulis @cpdtiktok

"Kok jadi ngakak yah," akun @syaifulhidayat593

"Abangnya lucu wkwkwk "bakso bakso"," tulis @sempoludang

@melanieguintu $0.66 Bakso Man #indonesia #indonesian #bali #baliindonesia #bakso #baksobali #baksoindonesia #baksoviral #baksoindonesia original sound - Melanie Guintu