Brilio.net - Adanya modernisasi menyebabkan seluruh elemen di dalam masyarakat mengalami kemajuan dan perubahan. Modernisasi memiliki kata dasar Modern yang berasal dari bahasa Latin, Modernus yang terbagi dari dua kata, yakni Modo dan Ernus.

Modo berarti cara dan ernus merujuk pada adanya periode waktu masa kini. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (31/3) berikut penjelasannya.

Pengertian Moderniasi

modernisasi © pixabay.com

foto : pixabay.com

Menurut Harold Rosenberg, modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau hingga sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu kelompok masyarakat terjadi.

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Modernisasi berarti proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju, di mana dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan modernisasi ialah proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern.

Modernisasi merupakan proses yang sangat luas dan kompleks. Tidak hanya mencakup bidang sosial, modernisasi juga mencakup bidang lain, seperti politik, ekonomi, dan teknologi.