Brilio.net - Akhir-akhir ini, beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda banjir karena curah hujan sangat tinggi. Bahkan ada beberapa daerah yang kegiatannya sampai lumpuh karena terkena banjir besar.

Musibah banjir ini membuat panik warga, karena bisa sampai masuk rumah. Bahkan ada yang membuat pemilik rumah harus mengungsi sementara waktu hingga banjir surut.

Ada kisah unik dalam momen banjir yang dibagikan pengguna TikTok. Salah satu warga TikTok baru saja memberikan tips bagaimana caranya mencegah banjir masuk ke rumah dengan cara cukup sederhana.

Dilansir Brilio.net dari akun TikTok @mumuahhh, Rabu (24/2), cara sederhana ini hanya membutuhkan lilin mainan anak SD yang biasa dijual tukang mainan yang mangkal di depan sekolah. Cara ini cukup efektif untuk mencegah banjir yang nggak begitu besar tapi sudah mencapai garis pintu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Caranya yaitu dengan memadatkan lilin mainan anak SD atau di beberapa daerah disebut malam itu, lalu dipakai untuk menutup ruang atau celah di antara pintu bagian bawah dan lantai, juga celah antara pintu dan tembok samping, hingga batas ketinggian air yang ada di luar.

tips sederhana cegah banjir TikTok

foto: TikTok/@mumuahhh

Dalam video ini, pemilik akun TikTok @mumuahhh menunjukkan hasil penempelan lilin mainan atau malam. Tampak satu momen dia menunjukkan bahwa di luar benar-benar sedang banjir, bahkan sudah melewati batas minimal untuk air masuk.

tips sederhana cegah banjir TikTok

foto: TikTok/@mumuahhh

Pengunggah menekankan, cara sederhana ini efektif untuk mencegah banjir yang nggak begitu besar. Meski begitu, banyak warganet TikTok merasa terbantu dan ingin mencoba cara ini ketika intensitas hujan cukup tinggi.

Unggahan ini kini viral di TikTok dan sudah disaksikan lebih dari 2 juta kali. Angka 2 juta penonton itu bahkan dicapai hanya dalam waktu kurang lebih 22 jam saja setelah diunggah. Selain itu, unggahan ini juga ramai berbagai komentar warganet.

"WAHHHH KEREN NIH, WAJIB COBA," tulis akun @EkoSaputra

"INI BARU KARYA BERKAYU," tulis akun @Fakhrii

"jgn sampai lilin mainan di abang2jd mahal gr2 tips & triks abang ini," tulis akun @nafis11911

"Tiba tiba lilin abang abang sold out," tulis akun @elvskinindonesia

@mumuahhh

Tips biar ga kemasukan banjir dari yang rumahnya langganan banjir ##KejarDiskonWIB ##foryou ##foryoupage ##MulaiDari100 ##fyp ##banjir ##biasalah

Biasalahhh - Mirzha

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR