Brilio.net - Mobil pada umumnya berjalan di jalan raya. Namun pernahkah kalian bayangkan ada mobil yang berjalan di tangga? Dilansir brilio.net dari thesun.co.uk, Kamis (15/2), sebuah mobil dapat berjalan di atas tangga gunung Tianmen, China. Tangga dengan kemiringan 45 derajat tersebut bisa ditempuh menggunakan mobil sport jenis Range Rover.

Tangga di pegunungan Tianmen kerap disebut sebagai dragon road. Tangga ini memiliki ujung yang indah, kerap dinamai sebagai gerbang surga. Gunung Tianmen memiliki tinggi 1.518 meter dengan angin cukup kencang.

mobil naik tangga © thesun.co.uk

Sebelum digunakan untuk berjalan di tangga, beberapa teknisi melakukan uji coba dulu. Mereka membuat tangga pendek, lalu mobil tersebut diuji untuk melewatinya. Awalnya memang gagal, namun tim teknisi berhasil menyetel mobil agar tahan digunakan menaiki tangga yang sangat tinggi.

mobil naik tangga © thesun.co.uk

Mobil tersebut berhasil melewati 999 anak tangga. Total perjalanan mobil ini sejauh 11,3 km dengan 99 kali bolak-balik tangga. Perlu teknik khusus agar mobil tidak jatuh saat berjalan di tangga. Pengemudi mobil, Ho-Pin, harus menjaga kekuatan mobil agar stabil.

Praktik mengendarai mobil di tangga cukup berbahaya. Untuk menjaga keselamatan, Ho-Pin juga menggunakan helm di dalam mobil. Ho-Pin sudah beberapa kali mengikuti ajang balap mobil. Namun tantangan mengendarai mobil di tangga merupakan pengalamannya yang paling mengerikan.

mobil naik tangga © thesun.co.uk

 

Sebelumnya, mobil jenis ini juga pernah digunakan untuk melewati medan yang berbahaya. Mobil ini pernah digunakan untuk tantangan downhill sejauh 2.170 meter di Swiss. Selain itu, mobil ini pernah membelah semenanjung Arab yang penuh pasir. Namun pengalaman mobil ini menaiki tangga ialah yang terhebat dari sebelumnya.

mobil naik tangga © thesun.co.uk

Penasaran bagaimana kerennya mobil berjalan di atas tangga? Yuk simak videonya di bawah ini.