Brilio.net - Salah satu kota besar yang ada di sudut selatan pulau Sulawesi adalah kota Makassar. Kota ini telah menjadi daerah yang cukup berpengaruh dalam sejarah Nusantara dari masa ke masa.

Kota Makassar didirikan pada 6 November 1607. Pada tanggal itu selalu diperingati sebagai hari kelahiran ibukota Provinsi Sulawesi.

Mengenal Macassar kota di Afrika Selatan Berbagai sumber

foto: Google Maps

Namun, tahukah kamu? ternyata ada lho kota dengan nama yang sama di belahan dunia yang lain. Kota itu bernama Macassar, nama yang hampir persis, bukan?

Macassar adalah sebuah kota di Afrika Selatan, yang berlokasi di Strand dan Somerset West. Kota kecil berukuran 6,87 km persegi ini punya jumlah penduduk 38.136 jiwa.

Mengenal Macassar kota di Afrika Selatan Berbagai sumber

foto: Google Maps/Johnel Van Staden

Lho kok bisa namanya sama? Apakah ada hubungannya dengan kota Makassar di Sulawesi? Kamu penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.


Kerajaan Gowa di Makassar

Di era kerajaan-kerajaan di Nusantara, di ujung selatan pulau Sulawesi tepatnya di Makassar berdiri sebuah kerajaan besar bernama Gowa. Kerajaan ini berkuasa di pulau Sulawesi sejak tahun 1320 hingga 1957.

Pada perjalanannya, kerajaan Islam ini menebar pengaruhnya sampai ke utara pulau Sulawesi, pesisir timur pulau Kalimantan, dan kepulauan Sunda kecil seperti Lombok dan Bima.

Mengenal Macassar kota di Afrika Selatan Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Masa kejayaan kerajaan ini ada pada masa Sultan Alauddin. Pada masa ini Kerajaan Gowa cukup memainkan peran penting dalam perdagangan di wilayah selat Makassar, kepulauan Maluku, bahkan sampai Bali, Bima, Solor, dan Pulau Timor.

Ketika kekuasaan Kerajaan Gowa diserahkan ke Sultan Hasanuddin, Kerajaan Gowa menerima masalah akan kehadiran VOC Belanda yang berusaha memonopoli perdagangan dan penaklukan negeri negeri seperti Ternate, Tidore, sampai Gowa pun dijadikan incaran.