Brilio.net - Bentuk geografis negara-negara di seluruh dunia bermacam-macam. Ada yang ukurannya besar, ada pula yang ukurannya kecil. Ada yang berada di tengah lautan lepas, ada pula yang terkurung oleh wilayah negara lain.

Negara-negara tersebut secara geografis terbagi dalam wilayah yang saling berbatasan satu sama lain. Nah, batas-batas wilayah geografis ini kadang ada yang memang jelas ditetapkan garisnya, ada pula yang tidak jelas dan cenderung membingungkan ketika dilihat dari peta.

Mengenal juluran wilayah perbatasan negara Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bahkan, ada pula wilayah negara yang menjulur jauh dari wilayah asalnya membelah wilayah negara lain. Jika kamu tidak tahu konteks sejarah dan fakta kenapa itu terjadi, tentu melihatnya akan jadi hal yang sangat membingungkan.

Wilayah negara yang menjulur jauh dari wilayah asal negaranya yang terlihat seperti tentakel dalam istilah geografi disebut panhandle, salient, atau juluran wilayah dalam bahasa Indonesia.

Dilansir dari worldatlas.com, panhandle adalah tonjolan memanjang ke arah negara tetangganya. Jika dilihat dari peta, wilayah tersebut terlihat seperti membelah wilayah negara sampingnya dengan aneh.

Misalnya, adalah wilayah negara Namibia yang punya juluran wilayah kecil yang membelah antara negara Zambia, Botswana, dan Angola. Ada juga Kamerun, yang punya juluran wilayah membelah wilayah Nigeria dan Chad.

Mengenal juluran wilayah perbatasan negara Berbagai sumber

foto: Google Maps

Wilayah tersebut biasanya didapatkan dari urusan geopolitik negara tersebut di masa lalu, misalnya ada beberapa kelompok masyarakat yang cenderung punya entitas dengan negara tetangganya dibanding negaranya sendiri.