Brilio.net - Aglonema kini sudah menjadi salah satu tanaman yang cukup populer. Meski harganya terbilang mahal, namun orang-orang tetap memburunya. Tak heran memang, aglonema memiliki keindahan yang menggoda banyak orang. Tak hanya itu saja aglonema juga memberikan efek sejuk sehingga membuat penghuni rumah menjadi lebih rileks dan nyaman.

Aglonema dikenal pula dengan nama Sri Rejeki. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini dianggap bisa memberikan keberuntungan bagi yang menanamnya. Hal ini pun menjadi kepercayaan masyarakat di Tiongkok dan Filipina.

Rakyat Tiongkok percaya bahwa dengan menanam dan memelihara aglonema jenis modestum akan membawa keberuntungan. Masyarakat umumnya percaya bahwa semua jenis aglonema merupakan tanaman keberuntungan (smiles of fortune). Sementara masyarakat Filipina menyebut aglonema commutatum sebagai "La Suerte" yang dalam bahasa Spanyol disebut juga "Good Fortune" yang berarti keberuntungan.

Mengenal filosofi bunga aglonema Instagram

foto: Instagram/@aglonema.lampung

Loading...

Sebagai tanaman yang dianggap bisa membawa keberuntungan, aglonema sering diletakkan di dalam ruangan. Namun kamu bisa meletakkannya di teras atau outdoor. Hal ini akan membuat pekarangan rumah kamu menjadi lebih indah.

Ada beberapa jenis aglonema memiliki beberapa jenis yang punya tampilan anggun nan cantik. Diantaranya, aglonema widuri merah, aglonema widuri putih super, aglonema silver queen, aglonema silver king, aglonema harlequin, dan beberapa jenis lainnya. Masing-masing dari tanaman ini memiliki keistimewaan sendiri yang membuat banyak orang jatuh hati.

Aglonema sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, oleh karenanya perawatannya pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan peletakkan saja, di mana jangan terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

Ada beberapa keistimewaan tanaman aglonema, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/3).

1. Membersihkan udara.

Merawat tanaman jadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kualitas udara. Hal ini juga berlaku saat kamu merawat aglonema di rumah. Aglonema dikenal dengan kemampuannya untuk beradaptasi baik diluar maupun di dalam rumah.

Dan ketika kamu menempatkan di dalam ruangan, aglonema akan membersihkan polusi yang ada di ruangan tersebut. Menariknya lagi, NASA juga menetapkan tanaman aglonema menjadi flora yang efektif membasmi polutan rumah tangga, termasuk formaldehida dan benzena yang ada di udara.

2. Mampu menenangkan pikiran.

Nggak jauh berbeda dari poin sebelumnya, efek dari rasa kantuk biasanya akan mengganggu isi pikiranmu. Ditambah lagi tekanan deadline juga bisa menambah rasa panik di dalam tubuh. Maka kamu bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dengan merawat tanaman aglonema di rumah.

Tanaman hijau ini akan memberikan efek segar dan sejuk untuk lingkunganmu. Selain itu warna hijaunya yang cantik membantu untuk merilekskan pandangan. Dan dengan merawat tanaman, dikatakan penelitian dapat menjadi aktivitas untuk mengurangi stres. Disarankan, setidaknya 5 menit dalam sehari untuk merawat tanaman mampu membuat hati dan pikiran lebih tenang.

3. Menambah konsentrasi.

Pernah nggak sih, kamu merasa sulit berkonsentrasi? Rasanya ingin menyegarkan pikiran kembali agar lebih fokus. Hal ini bisa disebabkan karena karbondioksida atau CO2 yang ada di ruangan terlalu banyak. Sehingga kondisi ini dapat membuat kamu jadi cepat merasa letih, dan sehingga menghambat produktivitas pekerjaanmu.

Tapi sekarang kamu nggak perlu khawatir, karena tanaman aglonema memiliki kemampuan menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen atau O2 yang dibutuhkan tubuh. Jadi kamu bisa kembali segar dan jauh dari rasa kantuk jika mempunyai tanaman ini di rumahmu.

4. Membuat udara lebih lembap.

Ada lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menanam aglonema. Dengan merawat tanaman hias ini di dalam ruangan, kamu bisa sekaligus meningkatkan kelembapan udara ruangan. Sehingga hal ini dapat menghindari permasalahan pernapasan yang bisa menyerang siapa saja. Efek baiknya, kamu akan lebih rileks dan lancar dalam beraktivitas.

RECOMMENDED BY EDITOR