Brilio.net - Tak bisa dipungkiri, di zaman modern ini ternyata masih ada orang yang memandang pendidikan hanya sebelah mata. Namun, bagi mereka yang menganggap pendidikan adalah hal penting, tentu akan melakukan ragam cara untuk memfasilitasi anak-anak agar dapat mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah kisah seoarang kakek yang rela mengajari anak-anak belajar secara gratis, dan aksi ini sudah dilakukan selama 75 tahun.

Ya, menuntut ilmu tak hanya di bangku sekolah, namun juga bisa di alam dan lingkungan sekitar. Seorang kakek asal India ini dengan tulus memberikan fasilitas untuk anak-anak yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan meski nggak memiliki gedung sekolah seperti pada umumnya.

Aksi mulia ini bahkan sudah dilakukan selama 75 tahun dan tanpa memungut biaya sepeser pun. Tentunya kisah tentang apa yang dilakukan pria lansia ini membuat warga sekitar salut dengan ketulusannya dan kepeduliannya terhadap pendidikan.

kakek mengajar 75 tahun Berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

Dilansir brilio.net dari Indiatimes.com, Rabu (30/9). Pria lansia yang berasal Odisha, India ini sudah mengajar anak-anak selama 75 tahun terakhir. Tak hanya mengajar anak-anak, pria yang bernama Nanda Prasty ini juga mengajar lansia pada malam harinya. Sehari-hari, Nanda Prasty hanya mengajar di bawah pohon bersama murid-muridnya. Dia mengambil jeda dari mata pencaharian profesionalnya untuk mendidik anak-anak muda dari distrik Jajpur agar bisa tumbuh menjadi orang yang berpendidikan.

“Saya dulu bekerja di ladang dan melihat banyak orang di desa kami yang buta huruf. Mereka bahkan tidak dapat menuliskan nama mereka dan hanya terbatas pada jejak jempol. Saya menelepon mereka hanya untuk mengajari mereka cara tanda tangan. Tetapi setelah itu, banyak yang menunjukkan minat dan mulai membaca. Saya sekarang mengajar cicit dari siswa angkatan pertama saya, ”kata Prasty dikutip Indiatimes.

Sebenarnya pihak pemerintahan setempat sudah ingin membantu kakek inspiratif ini, namun dia memilih menolaknya dan menyarankan pemerintah bergerak sendiri jika memang ingin membantu memberi fasilitas.

Terlepas dari penolakannya, dan mengingat usia tuanya, desa telah memutuskan untuk membangun fasilitas pengajaran dan meminta lelaki lanjut usia itu untuk tetap melanjutkan pelayanan yang selama ini sudah dilakukan.

Ketika ditemui, masyarakat desa menuturkan jika Nanda Prasty tetap semangat dan gigih ketika mengajar meski ketika cuaca buruk sekalipun. Walaupun cuaca sedang panas hingga cuaca hujan sekalipun, pria lansia ini tetap mengajar anak-anak di bawah pohon.

kakek mengajar 75 tahun Berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

Kisah inspiratif tersebut awal mula diunggah di laman Twitter ANI pada 27 September 2020. Dalam kolom komentar postingan tersebut, banyak warganet yang salut dengan niat baik pria lansia ini yang tulus mengajar anak-anak dan warga lansia lainnya. Peduli dengan pendidikan, pria lansia ini tulus mengajar selama 75 tahun terakhir walaupun tanpa dibayar dan menolak bantuan dari pemerintah. Komertar positif datang dari warganet.

“Kerja bagus Pak, jangan terima bantuan pemerintah.”

“Pria hebat. Definisi untuk guru yang ideal.”

“Dia adalah pahlawan sejati negara.”

“Ini adalah guru sejati . Tuhan Memberkati.”