Brilio.net - Hujan deras memang akhir-akhir ini sering mengguyur Indonesia, dan membuat banjir di beberapa wilayah. Di penghujung 2019 Indonesia memang sedang memasuki musim penghujan. Sejumlah usaha dilakukan agar setiap daerah bisa terhindar dari banjir. Salah satu penyebab banjir adalah sampah yang menumpuk sehingga menutup saluran gorong-gorong.

Dari dulu hingga sekarang masalah sampah memang tidak ada habisnya. Meski berkali-kali diperingatkan soal sampah, keterbatasan tempat serta kurangnya kesadaran masyarakat membuat beberapa kawasan di Indonesia terus mengalami banjir pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Meski begitu, ada beberapa orang yang masih peduli terhadap lingkungannya. Seperti halnya yang dilakukan seorang bapak-bapak yang viral di Twitter baru-baru ini. Bagaimana tidak, ia rela masuk ke gorong-gorong demi membersihkan sampah yang menyumbat saluran gorong-gorong tersebut.

Dalam video yang beredar di Twitter, tampak seorang bapak-bapak rela menyelam di gorong-gorong demi memperlancar aliran air dan mencegah timbulnya banjir. Video berdurasi 45 menit yang diunggah akun Twitter @juliuzickboy, Sabtu (28/12) itu memperlihatkan dengan jelas aksi heroik bapak tersebut. Terlihat pula salah seorang bapak-bapak lainnya memegang tangga bambu.

Sulit sekali rasanya membayangkan berada di dalam air yang sangat keruh tersebut. Tak semua orang mampu dan mau melakukan hal itu. Namun berbeda dengan bapak satu ini, tanpa ada rasa takut dan jijik, ia menyelam ke dalam gorong-gorong tersebut.

Loading...

Dari unggahan akun Twitter @juliuzickboy tersebut diketahui aksi terpuji itu terjadi di daerah Bandung Utara. Unggahan tersebut juga me-mention akun resmi milik Oded Muhammad Danial atau Mang Oded selaku Wali Kota Bandung. Ia juga menanyakan apakah bapak-bapak tersebut layak mendapatkan penghargaan atau tidak kepada Mang Oded.

Menurut keterangan dari seorang warganet pemilik akun Twitter @yuliseeee, bapak tersebut tinggal di Gg.H Syahroni, Asep Berlian, Cicadas Kota Bandung.

Unggahan itu menarik banyak perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang salut dengan aksi sang bapak. Rela masuk ke gorong-gorong agar kawasan tersebut tidak kebanjiran.

"Tapi bagaimanapun tindakan bapak ini gue hormati banget, beliau berkorban demi orang lain.

Semoga bapak ini diberi keberkahan & kesehatan oleh Allah, aamiin Ya Rabb," kata @PETERPORN0.

"Pahlawan jaman now ieu.. juara kang..!! Era sorangan ninggal na," tulis @ziandowning.

"Keren bapaaak...

Moga sehat terus, Berkah salamet... ," ujar @pai_paii_.

"Kang emil

@ridwankamil

mohon di apresiasi mamang ini," timpal @desinergi.

"Pak

@ridwankamil

ini orang mestinya dapat penghargaan....

Jadikan lah pasukan khusus untuk menyelesaikan masalah banjir....," timpal @bprayoga2009.

RECOMMENDED BY EDITOR