Brilio.net - Semua fasilitas umum seperti jalan raya, sarana transportasi, tempat perbelanjaan harus mampu menunjang aktivitas semua lapisan masyarakat. Tak hanya untuk kalangan umum, penyedia layanan juga harus memperhatikan kebutuhan para penyandang disabilitas.

Beruntungnya, meskipun belum banyak, sudah ada pihak-pihak yang peduli terhadap kehadiran para kaum difabel. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji, So Nice yang bekerjasama dengan Thisable Enterprise untuk menghadirkan fasilitas kaum difabel di beberapa masjid. Salah satunya adalah masjid El-Syifa, Ciganjur, Jagakarsa.

Hal ini dilakukan karena selama ini mengalami hambatan ketika mengakses masjid saat ingin beribadah. Salah satunya karena tidak ada akses ramp yang membuat disabilitas daksa sangat jarang ke masjid, dan bahkan ada yang di usir tidak bisa melaksanakan salat di dalam masjid karena kursi roda dianggap kotor.

Tidak hanya itu saja, untuk disabilitas tuli karena ketidakmampuan mereka mendengar sehingga tidak pernah mendengar dan memaknai azan hingga makna salat. Maka dari itu program ini sebagai bentuk inisiasi awal dan mengajak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk ikut bersama menciptakan lingkungan inklusi di lingkungan Masjid.

CEO dari Thisable Enterprise, Angkie Yudistia mengatakan dengan adanya fasilitas seperti ini teman-teman difabel bisa lebih mudah mengakses masjid untuk melalukan ibadah.

Loading...

"Masjid yang ramah disabilitas tentunya menjadi harapan bagi kami sebagai penyandang disabilitas. Bukan hal yang tidak mungkin untuk kita bisa menciptakan hal tersebut, saya sangat bersyukur Thisable Enterprise dapat bekerjasama dengan So Nice untuk merealisasikan hal ini. Harapan saya, semoga program ini juga bisa berkembang di daerah-daerah," ujarnya kepada media di Jakarta baru-baru ini.

Sementara itu, Marketing Manager So Nice, M. Reza Rizali mengatakan dengan tagline #masjiduntuksemua, kegiatan ini bisa mengajak  semua pihak untuk ikut berkontribusi menyukseskan program Masjid Ramah Disabilitas. Mereka juga berharap program inklusi ini tidak hanya ramah terhadap aksesibilitas yang diperlukan tetapi juga mampu menggerakkan sikap masyarakat untuk selalu menerima dengan baik apabila teman disabilitas ingin melaksanakan salat di dalam masjid.

“Program ini menjadi pioneer bagi kami untuk terus berusaha menciptakan lingkungan yang inklusi dan ramah, terlebih di bulan Ramadhan ini. Masjid yang menjadi pilihan program kami, dikarenakan Masjid yang selalu digunakan beribadah oleh teman-teman disabilitas. Semoga dengan terciptanya program ini, dapat memudahkan teman disabilitas untuk selalu dekat dengan Allah SWT,” ucapnya.

Riza mengatakan kegiatan ini tak hanya berhenti sampai di sini saja dan akan terus berlanjut pihaknya dan Thisable Enterprise telah bekerja sama dalam jangka panjang untuk pemberdayaan disabilitas.

"Program yang berkesinambungan tidak hanya menjadikan lingkungan yang ramah terhadap disabilitas tetapi juga pemberdayaan disabilitas agar lebih mandiri dari beragam segi kehidupan," tutupnya.

RECOMMENDED BY EDITOR