Brilio.net - Manufaktur adalah proses produksi untuk menghasilkan produk-produk fisik. Selain itu, manufaktur juga dapat diartikan sebagai sebuah proses dalam mengubah bahan baku menjadi produk fisik melalui serangkaian kegiatan yang membutuhkan energi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manufaktur adalah membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin. Makna manufaktur lainnya yakni proses mengubah bahan mentah menjadi barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi manusia.

Dalam melakukan proses pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi, diperlukan beragam sumber daya seperti tenaga kerja, mesin, dan peralatan pendukung. Untuk memahami lebih jauh mengenai industri manufaktur, berikut brilio.net telah himpun dari berbagai sumber, Senin (27/6).

Pengertian manufaktur

industri manufaktur © berbagai sumber foto: Unsplash/amin khorsand

Manufaktur berasal dari bahasa Latin yaitu "manus factus" yang memiliki arti dibuat dengan tangan. Kata manufacture muncul pertama kali pada 1576. Sedangkan kata manufacturing muncul pada 2683.

Secara luas, manufaktur adalah proses mengubah bahan baku menjadi suatu produk. Proses mengubah bahan baku menjadi sebuah produk atau barang ini meliputi perancangan produk, pemilihan material, dan tahapan proses produk tersebut dibuat,

Dalam konteks yang lebih modern, manufaktur melibatkan pembuatan produk dari bahan baku melalui berbagai proses, mesin dan operasi, serta mengikuti perencanaan yang terorganisasi dengan baik untuk setiap aktivitas yang dibutuhkan.

Pendapat lain menyebutkan bahwa manufaktur adalah industri yang kegiatan utamanya adalah mengubah bahan baku, komponen, atau bagian lainnya menjadi barang jadi yang memenuhi standar spesifikasi.

Industri manufaktur pada umumnya mampu memproduksi barang dalam jumlah besar. Industri manufaktur dapat diartikan sebagai kelompok perusahaan yang melakukan pengolahan bahan mentah menjadi suatu jenis barang yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual ke masyarakat untuk mendapatkan keuntungan.

Konferensi Internasional Penelitian Produksi mendefinisikan manufaktur sebagai serangkaian kegiatan yang saling terkait dan operasi yang melibatkan desain, pemilihan material, perencanaan, produksi manufaktur, jaminan mutu, mengelola dan pemasaran produk industri manufaktur.

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manufaktur adalah pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk melalui serangkaian kegiatan menggunakan sumber daya perusahaan yang meliputi tenaga kerja, mesin, dan peralatan pendukung lainnya.