Brilio.net - Alquran menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Tak hanya berisi kisah para Nabi, namun juga dengan perintah, larangan, serta petunjuk menjalankan kehidupan di dunia maupun akhirat. Dengan kelengkapan itu, jangan sampai kamu sebagai umat muslim justru jauh dari kebiasaan membaca Alquran. Bahkan akan lebih baik lagi kalau kamu bisa memahami makna dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat ketenangan lahir maupun batin.

Apalagi ketika bulan Ramadhan, membaca Alquran menjadi ladang pahala yang besar. Karena seperti yang kamu tahu, di bulan suci ini amal ibadah akan dilipat gandakan. Setiap kebaikan kecil akan menjadi tabungan pahala yang besar untuk kehidupan di akhirat. Kamu bisa membaca Alquran setelah menunaikan sholat. Atau kamu pun bisa mengisi waktu luang dengan membaca kitab suci ini. Pasalnya, ada manfaat besar yang bisa kamu dapatkan dengan membaca Alquran. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (28/4).

1. Mendapat pahala berlipat ganda.

Manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan © freepik.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

Dengan membaca Alquran, dapat membuka peluangmu untuk meraih pahala berlipat ganda. Allah pun selalu memberikan kemudahan bagi hamba-Nya. Meskipun Alquran disajikan dalam bahasa Arab, namun ada banyak cara untuk memahaminya. Bahkan ketika kamu masih berusaha untuk belajar membaca Alquran juga sudah terhitung dua pahala kebaikan, yaitu pahala membaca dan pahala usahanya dalam membaca Alquran.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Yang mahir membaca Alquran bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala," (HR. Bukhari / 4937 dan Muslim / 798).

2. Memberi syafaat di hari akhir.

Bisa hidup di hari akhir dengan tenang dan bahagia adalah cita-cita bagi umat muslim. Namun tentu untuk mendapatkannya diperlukan usaha yang besar. Dan Alquran dapat menjadi penolong bagi pembacanya di hari akhir. Seperti hadits yang menyatakan bahwa:

"Bacalah bait Alquran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya," (HR. Muslim)

3. Memberikan ketenangan hati.

Ketenangan hati menjadi salah satu harta berharga yang sulit dibeli dengan uang sekalipun. Akan tetapi, kamu justru bisa mudah mendapatkannya dengan rajin membaca Alquran. Dengan membaca Alquran kamu juga sekaligus bisa menunjukkan rasa cintamu kepada Allah SWT. Sesuai dengan firman Allah taala yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-rad pada ayat 28:

"Orang orang yang beriman akan memiliki hati yanag tenang dan tenteram jika selalau ingta denagn Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram."

4. Meningkatkan keimanan.

Manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Kondisi keimanan seseorang dapat mengalami perubahan setiap waktunya. Terkadang meningkat, terkadang menurun. Maka dari itu kamu bisa menjaga dan meningkatkan keimanan dengan rutin membaca Alquran. Ketika kamu rajin membaca Alquran, maka akan semakin mendekatkan hati dengan Allah SWT. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa terus fokus untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi larangan-Nya.

5. Mengangkat derajat seseorang.

Bagi seseorang yang membaca Alquran, ia akan dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT. Amalan ini akan semakin baik lagi jika kamu lengkapi dengan memahami makna serta mengamalkannya. Apalagi kalau kamu rutin melakukannya di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan.

6. Menjadi anugerah bagi kedua orangtua.

Untuk orang yang membaca Alquran dan mengamalkan kandungannya, akan dianugerahkan kedua orangtuanya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran), (HR. Abu Daud).

7. Menjadi pahala untuk orang yang memiliki anak membaca Alquran.

Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, Bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu? Dijawab, Karena anakmu telah membawa Al-Quran, (HR. Al-Hakim).

8. Meningkatkan kecerdasan.

Manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Membaca dan mempelajari Alquran bisa meningkatkan kecerdasan. Ada banyak ilmu yang bisa didapatkan di dalamnya. Termasuk juga dengan tajwid yang menjadi salah satu yang perlu dipahami ketika membaca Alquran. Tentu saja dengan meningkatkan kecerdasan ini, bisa memberikan kebaikan untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat.

9. Menjadi obat untuk penyakit fisik maupun hati.

Allah SWT berfirman: "Dan Kami turunkan di dalam Alquran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman," (QS al-Israa: 82).

Selain itu, dalam Surat Ar-Radu, Allah SWT berfirman: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran) hati menjadi tenteram," (QS ar-Radu:28).

10. Menghalau setan di rumah.

Dalam sebuah hadits shahih Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Quran di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.

Dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi: Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.

11. Menghindarkan dari celaka.

Manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat membaca Alquran lainnya juga mampu menghindarkan dari celaka. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka (QS Thaahaa: 123).

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata: Allah Azza wa Jalla memberikan jaminan bagi orang yang membaca al-Qur-an dan mengamalkan kandungannya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat (kelak)."

12. Menjadikan rumah bercahaya.

Manfaat membaca Alquran di rumah diumpamakan Rasulullah seperti manusia. Rasulullah SAW bersabda:

"Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.

Imam an-Nawawi berkata: Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah Azza wa Jalla (termasuk membaca al-Qur-an dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya)."

Dengan hadits ini dapat diartikan bahwa rumah yang selalu diisi dengan bacaan Alquran dan zikir akan selalu hidup dan bercahaya, dan menjadi motivasi bagi para penghuninya untuk rajin dalam melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR