Brilio.net - Dewasa ini di era globalisasi yang semakin bergulir, tak ayal jika persaingan antar perusahaan semakin tajam sehingga menyudutkan manusia untuk dituntut terus mengembangkan diri secara proaktif. Maka dari itu, perusahaan tak jarang membutuhkan manusia yang sanggup menguasai teknologi dengan cepat, adaptif, dan respons terhadap perubahan teknologi.

Dalam rangka untuk memajukan perusahaan atau organisasi, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang tangguh. Sumber daya yang dibutuhkan juga tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus membentuk satu kesatuan yang bersinergi. Dalam hal ini peran sumber daya manusia juga sangat menentukan, karena manusia memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dan potensi yang dapat dibentuk.

Tak jarang, dalam sebuah perusahaan atau organisasi tentu ada bagian yang langsung mengatasi dan mengelola orang dalam artian personalia atau kepegawaian, yang sering disebut dengan manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia juga menjadi bidang strategis dalam organisasi. Pasalnya, manajemen sumber daya manusia harus mampu mengelola orang secara selektif dan efektif. Maka dari itu, membutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang tepat dalam mengelolanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tujuan dan fungsi dari manajemen sumber daya manusia, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/6).