Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari kamu tentu sudah tidak asing mendengar kata manajemen, karena istilah tersebut sudah sering diungkapkan oleh orang-orang. Namun, ternyata masih ada juga orang yang belum mengetahui apa arti manajemen.

Pengertian manajemen secara etimologis berasal dari berbagai bahasa, dari bahasa Prancis kuno yakni management berarti seni melaksanakan dan mengatur. Lalu, dalam bahasa italia yaitu maneggiare yang memiliki arti mengendalikan. Sedangkan dalam bahasa inggris berasal dari kata to manage yang artinya mengelola atau mengatur.

Dalam arti lain, manajemen adalah suatu rangkaian aktivitas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditargetkan oleh setiap manusia.

Dalam dunia bisnis manajemen sangat dibutuhkan supaya tujuan yang ditargetkan oleh pribadi atau organisasi dapat tercapai. Dalam hal ini juga manajemen sangat dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja dalam organisasi dan perusahaan.

Lebih lanjut, untuk mengetahui pengertian, tujuan, fungsi, dan unsur dari manajemen, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (25/3).

1. Pengertian manajemen.

Manajemen adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam buku berjudul "Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi" yang ditulis oleh Aditama Roni, berikut penjelasan mengenai pengertian manajemen oleh para ahli.

a. George. R Terry.

Manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.

b. John F. Mee.

Manajemen adalah seni mencapai hasil yang maksimal dengan usaha minimal supaya tercapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik bagi pimpinan maupun para pekerja, serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

c. Marry Parker Follet.

Manajemen adalah sebagai suatu seni. Tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

d. James A. F Stoner.

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain, dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

2. Tujuan manajemen.

Manajemen adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Dapat menentukan strategi yang efektif serta efisien untuk mencapai tujuan yang telah diarahkan.

b. Melakukan sebuah evaluasi kerja dan mengkaji ulang akan situasi yang terjadi, hal ini bertujuan untuk melakukan penyesuaian strategi jika terjadi hal-hal yang diluar strategi.

c. Mengatur dan menjaga kesehatan emosi (personal), keuangan, dan semua sektor pada suatu perusahaan supaya perusahaan tersebut mampu mendapatkan profit yang maksimal.

d. Mengevaluasi dan meninjau kembali suatu kekuatan, kelemahan, peluang, serta mengantisipasi ancaman yang mungkin terjadi.

e. Membuat inovasi dan terobosan baru yang berdampak positif, bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, organisasi atau kelompok dalam mencapai target.

3. Unsur manajemen.

Manajemen adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Unsur-unsur dalam manajemen dikenal dengan 6M, berikut penjelasannya.

a. Man (Manusia).

Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia membuat tujuan dan manusia juga yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya manusia proses nggak akan berjalan.

b. Money (Uang).

Uang merupakan salah satu unsur yang nggak bisa diabaikan. Pasalnya, uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar kecilnya kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.

c. Materials (Bahan-bahan).

Material terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi. Dalam dunia usaha, untuk mencapai hasil yang baik, selain adanya manusia yang ahli dalam bidangnya, tapi juga perlu menggunakan material atau bahan baku sebagai salah satu sarana.

d. Machine (Mesin).

Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar, serta menciptakan efisiensi kerja.

e. Methods (Metode).

Sebuah metode atau sistem kerja akan sangat dibutuhkan dalam menjalankan seluruh aktivitas operasional. Metode bertindak sebagai pemandu sikap dan tingkah laku, serta tata cara dalam proses pekerjaan, sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya sesuai dengan alur dan ketentuan yang berlaku.

f. Market (Pasar).

Pasar sebagai ujung tombak dalam aktivitas bisnis, karena dari sana bisnis akan mendapatkan keuntungan.

4. Fungsi manajemen.

Manajemen adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Fungsi manajemen dikenal dengan POAC, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling, berikut ini penjelasannya.

a. Planning (Perencanaan).

Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.

b. Organizing (Pengorganisasian).

Pengorganisasian adalah proses kegiatan penyusunan atau alokasi sumber daya organisasi dalam bentuk desain organisasi atau struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan, biasanya tertuang pada visi dan misi perusahaan, sumber daya organisasi, dan lingkungan bisnis perusahaan tersebut.

c. Actuating (Pelaksanaan).

Pelaksanaan adalah tindakan untuk mengusahakan suapay semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi.

Dalam kata lain, pelaksanaan adalah proses implementasi dari segala bentuk rencana, konsep, ide, dan gagasan yang telah sebelumnya disusun, baik pada level manajerial maupun level operasional dalam rangka untuk mencapai tujuan visi misi organisasi.

d. Controlling (Kontrol atau Evaluasi).

Kontrol atau evaluasi adalah fungsi manajemen untuk melakukan kontrol atau evaluasi terhadap kinerja organisasi. Dalam hal ini controling dilakukan untuk memastikan bahwa apa yang telah direncanakan, disusun, dan dijalankan sesuai dengan aturan atau prosedur yang telah dibuat.