Bulan Syaban adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama Islam. Bulan ini merupakan bulan ke-8 dalam kalender hijriyah. Di bulan ini, ada banyak amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk ibadah kepada Allah.

Selain itu, malam Nisfu Syaban juga merupakan malam yang istimewa dalam agama Islam. Malam tersebut jatuh pada pertengahan bulan Syaban dan dipercayai sebagai malam di mana Allah menetapkan takdir hamba-hamba-Nya untuk setahun yang akan datang. Banyak ibadah yang dianjurkan dilakukan pada malam tersebut, seperti shalat malam, membaca Al-Quran, dan memperbanyak istighfar.

Malam Nisfu Syaban juga sering kali dimanfaatkan untuk memperbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Itu sebabnya, banyak umat Islam yang memanfaatkan malam Nisfu Syaban untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah dan memohon ampun kepada Allah.

Dengan demikian, bulan Syaban dan malam Nisfu Syaban adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan memperbaiki diri sebagai seorang muslim. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (20/2) berikut amalan di malam Nisfu Syaban, lengkap dengan doa-doa dan pahala mengerjakannya.