Sementara itu, untuk membuat dapur, ia memanfaatkan lahan kosong di samping rumah dengan ukuran 1,8 x 6 m. Agar rumah ini terlihat lebih luas, pemilik sengaja memilih konsep American Classic dengan interior nuansa putih. Mulai dari cat tembok, kitchen set, hingga perabotan dalam rumahnya. Tidak lupa, ia menambahkan wall moulding menggunakan list kayu agar nuansa American Classic semakin nyata.

Seperti ini penampakan rumah tipe 30 usai di make over. Rumah ini tampak Instagramable dengan nuansa putih dan keemasan. Berbeda dari sebelumnya, penataan ruangannya pun berubah total. Bahkan jika dilihat sekilas, hunian ini tak seperti penampakan rumah tipe 30 yang terkesan kecil dan sempit.

makeover rumah tipe 30 © TikTok

foto: TikTok/@febyoan

Sedangkan untuk ruang istirahat, pemilik rumah membuat konsep kamar buah hatinya dengan model bertingkat. Di tingkat atas, terdapat kasur dan untuk bagian bawahnya diisi dengan meja belajar dan lemari. Kamar utamanya tampak berbeda dengan nuansa hijau army dan putih. Cermin juga sengaja dipasang agar rumah terkesan luas.

makeover rumah tipe 30 © TikTok

foto: TikTok/@febyoan

Video ini mengundang perhatian warganet di TikTok. Ditonton hingga 1,8 juta kali, nggak sedikit yang memuji hasil makeover rumah tipe 30 ini tampak lebih luas, mewah, namun tetap minimalis.

"MasyaAllah, rumah idaman, semoga bisa punya rumah begini," ucap akun @cottinanizar.

"nich rumah keren bgt,menginspirasi banget," tambah akun @griyanunu_.

"ya ampuuun teras ini termasuk teras yg aku contoh loh," terang akun @mamanakduwa.

@febyoan

Rumah Mungil Type 30/60 setelah renovasi. Semoga menginspirasi

Semata Karenamu - Mario G Klau