Brilio.net - Solo Photo Festival merupakan sebuah perhelatan fotografi tahunan yang diadakan oleh Prodi Fotografi ISI Surakarta yang dalam hal ini diimplementasikan oleh mahasiswa HIMAFO (Himpunan Mahasiswa Fotografi) untuk memberikan wacana yang mendalam dan berkelanjutan dalam ranah Fotografi khususnya di Surakarta, Jawa Tengah.

isi surakarta © 2021 brilio.net

Dalam ajang bertaraf Internasional ini, Solo Photo Festival kali ini memiliki tema “MEMOAR”. Memori berupa catatan- catatan atau kenangan secara luas diartikan sebagai sebuah ingatan baik yang muncul dari diri seseorang atapun memori yang berkaitan dengan lingkungan, tempat tinggal, dan ruang yang ada di sekeliling kita.

Tiga orang Kurator dipilih untuk dapat melaksanakan SPF 2021 yang pada akhirnya menghasilkan/meloloskan 60 karya fotografi dari beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Surakarta, Yogyakarta.

isi surakarta © 2021 brilio.net

Selain itu, Di awal Oktober juga telah dilaksanakan Program Portfolio Review yang bekerja sama dengan Melihat Bersama, sebuah Gallery Online di Surabaya. Sedangkan untuk program Artist Talk, Diskusi Panel dan Seminar Internasional, akan diramaikan oleh para alumni beberapa Perguruan Tinggi Seni di Indonesia, pelaku seni, Fotografer, Kurator dan Seniman yang dilakukan baik secara daring.

Dengan dilaksanakan SPF tema Memoar 2021 kali ini, diharapkan akan dapat terus terjalin dan terbangun jaringan-jaringan kerja sama antara Mahasiswa Prodi Fotografi dengan stake holder baik di dalam maupun di luar negeri.