Brilio.net - Zaman dahulu mungkin mengerjakan skripsi menggunakan mesin ketik sudah menjadi hal yang wajar. Namun, bagaimana jika mesin ketik masih digunakan pada zaman sekarang? Nah, nyatanya masih ada lho mahasiswa yang mengerjakan skripsi ataupun laporan praktikum menggunakan mesin ketik.

Hal ini seperti yang dialami oleh salah satu mahasiswa di sebuah universitas yang masih mengerjakan laporan praktikum menggunakan mesin ketik. Kisahnya ini dibagikan di media sosial TikTok oleh pengguna akun @nichann1510 pada beberapa hari yang lalu.

mahasiswa mengerjakan laporan dengan mesin ketik Tiktok

foto: Tiktok/@nichann1510

Kisah mahasiswa ini berawal dari stich video akun yang menemukan potret skripsi pada tahun 1989 yang menggunakan mesin ketik. Bermula dari itulah mahasiswa laki-laki menceritakan kisahnya.

Melalui video tersebut mahasiswa laki-laki yang tidak disebut namanya menceritakan mengenai proses pengerjaan praktikum miliknya. Ia menceritakan, pada 2022 bikin laporan praktikum masih menggunakan mesin ketik.

"Berbagai pengalaman. Bener sedikit repot memang pakai mesin tik," keterangan dalam video tersebut, dikutip brilio.net dari TikTok @nichann1510, Selasa (26/7).

Sembari menceritakan proses pengerjaan laporan praktikum mahasiswa tersebut menunjukan penampakan laporan yang benar-benar diketik dengan mesin ketik. Bahkan, mahasiswa itu menunjukan mesin ketik yang dia gunakan.

mahasiswa mengerjakan laporan dengan mesin ketik Tiktok

foto: Tiktok/@nichann1510

Sementara itu, pada video lanjutan mahasiswa tersebut memberikan penjelasan mengenai penggunaan mesin tik yang masih digunakan sampai saat ini.

Menurut mahasiswa tersebut, pengerjaan praktikum tidak hanya menggunakan mesin tik saja. Uniknya, laporan juga dibuat dengan tulisan tangan yang terlihat sangat rapi dan cantik.

"Untuk pengerjaan praktikum menggunakan mesin tik ini tidak dilakukan oleh semua jurusan. Setahu saya hanya dilakukan oleh jurusan teknik elektro saja," jelasnya.

Ternyata di balik penggunaan mesin ketik dan tulis tangan terdapat tujuan tertentu. Salah satu tujuannya, yaitu untuk menghindari adanya copy paste yang dilakukan oleh mahasiswa. Tidak hanya itu, tujuannya lainnya adalah agar mahasiswa memahami materi yang telah diberikan oleh dosen.

"Agar mahasiswa merasakan benar-benar proses perjuangan di masa perkuliahan," tambah mahasiswa tersebut.

mahasiswa mengerjakan laporan dengan mesin ketik Tiktok

foto: Tiktok/@nichann1510

Nah, pengerjaan laporan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut tentunya membuat netizen membanjiri konten video yang diunggahnya. Sebagian netizen merasa takjub dengan mesin ketik yang masih digunakan sampai saat ini.

"Yaampun baru tahu jaman sekarang masih ada yang pake mesin tik. Semangat kak," ucap akun @dn.

"Mesin tik bunyinya enak entah kenapa walaupun tekennya harus pake tenaga gak kek keyboard zaman sekarang," ucap akun @fridosyaputra.

"Aku suka ngetik di mesin tik kalau buat surat di kantor seru aja dari pada pakai komputer dan lebih bagus suratnya," tambah akun @bebekkuning.

" Nguerii TA pakai mesin ketik manual loh. Aku pake mesin ketik otomatis aja masih belepotan sana sini," tambah akun @sendalpolos.

@nichann1510 #stitch dengan @annin.din Izin ya mbak berbagi pengalaman,,,bener sedikit repot memang pakai mesin tik...btw ada pantun diakhir vidio hihihi#BatmanBangkit #fyp #teknikelektro suara asli - NF