Brilio.net - Meski ekonomi dunia mulai membaik namun tidak dapat dipungkiri kemiskinan masih jadi permasalahan sosial yang banyak ditemui di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Tingginya tingkat kemiskinan ini yang mendorong World Food Programme (WFP) membuat program yang diberi nama Hunger Plate atau piring kelaparan.

Lukisan pria yang berebut makanan yang kamu sisakan

menyisakan makanan © 2016 brilio.net

Mengapa piring kelaparan? Ya, tanpa disadari selama ini masih banyak penduduk dunia yang sering menghambur-hamburkan makanan. Tak jarang kita sering menyisakan makanan tanpa menyadari jika di luar sana masih banyak orang kelaparan. Dengan gerakan ini, WFP mencontohkan lukisan di sisi piring yang menggambarkan orang-orang kelaparan. Hal ini agar, setiap menyisakan makanan, kamu bisa melihat gambar orang berebut makanan yang tidak kamu habiskan itu.

Makanan yang kamu makan hari ini bisa menjadi barang mahal bagi orang miskin

menyisakan makanan © 2016 brilio.net

Terkesan sederhana, namun kampanye ini ternyata menuai jutaan respons dari penduduk dunia. Terbukti dari unggahan foto piring di akun Facebook WFP sebagaimana dilansir brilio.net, Minggu (4/9), telah mendapatkan like hingga ratusan ribu dan dibagian hingga jutaan kali.

Kamu termasuk yang sering menyisakan makanan?

menyisakan makanan © 2016 brilio.net

"Piring ini benar-benar mengingatkan saya untuk tidak membuang makanan karena masih banyak orang yang bahkan tidak memiliki sesuatu untuk di makan," tulis akun Kamala Rudra.

Sebisa mungkin habiskan makananmu ya

menyisakan makanan © 2016 brilio.net

Ya, piring ini telah menyadarkan banyak orang betapa beruntungnya masih bisa menikmati makanan sehari tiga atau dua kali.

"Saya merasa bersalah selama ini sering menyisakan makanan :(," komentar Willvan Gacita.

Tidak semua orang seberuntung dirimu bisa menikmati makanan yang enak

menyisakan makanan © 2016 brilio.net

Sejauh ini piring tersebut memang tidak dijual bebas dan hanya ada di beberapa stand yang bekerja sama dengan WFP. Sepertinya jika piring ini banyak digunakan di berbagai restoran di dunia akan menjadi pesan yang sangat postif bagi setiap orang. Gimana menurutmu? Kamu salah satu orang yang sering menyisakan makanan?