Brilio.net - Layout adalah seni tatak letak desain yang digunakan sebagai perencanaan unsur naskah iklan meliputi tulisan, gambar, ilustrasi, nama, alamat dan sebagainya. Layout yang baik adalah layout yang bisa membuat pembaca menilai produk yang ditawarkan berdasarkan kriteria tertentu. Dalam proses pembuatan iklan di media cetak, layout dapat dijadikan salah satu cara untuk membuat sebuah iklan terlihat lebih menarik dan memiliki kemampuan membujuk.

Layout desain juga dianggap sebagai salah satu tolok ukur dalam menilai sebuah iklan menarik atau tidak. Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai layout desain, brilio.net telah merangkumnya pada Senin (27/6).

Pengertian layout

pengertian layout dan tujuannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Hal Gatewood

Layout adalah penataletakan atau pengorganisasian beberapa unsur desain agar teratur dan menciptakan hirarki yang baik untuk mendapatkan dampak yang kuat dari pembaca. Secara bahasa, layout berarti tata letak. Namun, dalam lingkup yang lebih spesifik dalam dunia desain, layout adalah suatu kegiatan menyusun, mengatur, dan memadukan unsur komunikasi grafis yang meliputi teks, gambar, dan tabel menjadi komunikasi visual yang komunikatif, estetik, dan menarik. Istilah layout umum digunakan untuk merujuk pada penyusunan elemen-elemen visual.

Penjelasan mengenai layout menurut para ahli:

1. Menurut Gavin Ambrose, layout dapat diartikan sebagai penyusunan elemen desain dalam hubungannya dengan ruang yang diisi berdasarkan skema estetis keseluruhan. Layout juga dapat dimaknai sebagai manajemen bentuk dan ruang.

2. Rustan mengatakan bahwa membuat layout adalah salah satu proses atau tahapan kerja dalam desain. Definisi layout dalam perkembangannya sudah sangat meluas dan melebur dengan definisi desain itu sendiri, sehingga banyak orang mengatakan bahwa me-layout itu sama dengan mendesain.

3. Menurut Reichert, sebuah layout yang baik mampu membuat pembacanya menilai produk yang ditawarkan merupakan produk yang bagus dan bukan iklannya yang bagus. Artinya, layout yang berkualitas akan mencerminkan pesan awal sebagai perusahaan yang bereputasi dan memiliki produk dengan taste tertentu.

 

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR