Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bidet merupakan tempat buang air kecil bagi wanita yang dilengkapi dengan alat pembersih. Bagi masyarakat Indonesia atau Asia pada umumnya, penggunaan bidet bukan sesuatu yang asing lagi. Karena biasanya orang-orang di Indonesia terbiasa membersihkan kotoran menggunakan air.

Namun di beberapa tempat terkadang ditemukan WC atau kamar mandi tanpa menggunakan bidet. Sekali pun tersedia, biasanya diletakkan terpisah dengan bentuk mirip seperti wastafel. Bagi sebagian orang yang merasa tidak cukup hanya menggunakan tisu toilet, pasti bakal pusing menghadapi situasi ini.

Nah, nggak perlu khawatir karena warganet satu ini punya solusi bagi kamu yang suka menggunakan bidet saat membuang air kecil atau besar. Lewat unggahan TikTok @desmondacathabel, pada Sabtu (4/9), wanita ini membagikan cara praktis saat kamu tak menemukan bidet.

bidet portable © 2021 TikTok


foto: TikTok/@desmondacathabel

"I want to recommend something for you my fellow culture people (saya ingin merekomendasikan sesuatu untukmu, orang dengan budaya yang sama sepertiku),"

Dalam rekaman tersebut, pemilik akun @desmondacathabel tersebut berasal dari Indonesia dan baru saja di pindah ke UK (Inggris). Ia merekomendasikan sebuah produk yang wajib dimiliki oleh orang Asia.

bidet portable © 2021 TikTok


foto: TikTok/@desmondacathabel

Dia menunjukkan sebuah collapsible water bottle atau atau disebut juga botol air yang bisa dilipat. Botol ini dipergunakan sebagai pengganti bidet jika dalam keadaan darurat.

"And it's this a collapsible plastic water bottle, (dan ini dia botol lipat dari plastik)," lanjutnya.

"Why? Basically you can use this as your portable bidet, (Kenapa? Karena pada dasarnya kamu bisa menggunakan ini sebagai bidet portable)," lanjutnya.

bidet portable © 2021 TikTok


foto: TikTok/@desmondacathabel

Caranya cukup simpel, ia hanya mengisi botol tersebut dengan air hingga penuh, kemudian menutupnya dengan tutup botol yang terdapat bolongan untuk keluarnya air. Air akan keluar saat botolnya dipencet layaknya bidet sungguhan.

Yang tak kalah penting juga bahwa botol tersebut bisa dilipat dan dibawa di tas, ataupun disimpan dalam kantong celana.

Video yang ditonton lebih dari 27 ribu kali itu sukses mendapat atensi dari warganet. Berbagai tanggapan juga ditinggalkan oleh warganet di kolom komentar.

"Mbakkkkkkk, ada portable bidet di ace, yg kayak dibawa si khalid al something itu. disambungin ke keran apa yah. Ada lah pokoknya," tulis AstridH

"OMG this is genius!! Saya sudah travelling ke US & Mexico selama dua bulan dan saya pasti benci jika tidak ada bidet di sana. Thank You," komentar akun @loveloveliz.

"oke aku butuh 10 botol setiap harinya. Bagusnya itu sangat hemat tempat, beli dimana?," tanya akun @deannetz.

@desmondacathabel

a PSA for my fellow arse-washing people (also can you please tell me if the caption is working or not on this one?) ##fyp ##portablebidet

original sound - DESMONDA