Brilio.net - Setiap manusia tentunya membutuhkan komunikasi. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Tanpa adanya komunikasi, seseorang akan sulit memahami satu sama lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang tersampaikan mendapatkan timbal balik dan dapat dipahami.

Komunikasi bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung, apalagi di zaman yang serba canggih seperti saat ini, seseorang dapat berkomunikasi melalui media sosial, tanpa harus bertatap muka.

Dengan mempelajari komunikasi, tentunya kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, menulis, membaca dan sebagainya. Lebih lanjut, berikut ini dilansir brilio.net dari berbagai sumber, ini penjelasan lengkap mengenai komunikasi, Minggu (20/3).

1. Pengertian komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Istilah komunikasi berasal dari bahasa lain yaitu communicatio yang berarti pemberitahuan atau pertukaran. Kata sifatnya communis yang bermakna umum atau bersama-sama. Jika disimpulkan, komunikasi merupakan proses pertukaran informasi antara individu melalui simbol, lambang, tanda atau tingkah laku.

Berikut ini pengertian komunikasi menurut berbagai sumber dalam buku yang ditulis Wiryanto berjudul "Pengantar Ilmu Komunikasi", sebagai berikut.

Raymond S. Ross (1983:8).

Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respon dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator.

Rogers dan Kincaid (1981:18).

Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam.

Bernard dan Gary A. Steiner (1964:527).

Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.

2. Unsur komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Komunikator.

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan kepada komunikan dalam sebuah proses komunikasi.

b. Pesan.

Pesan merupakan informasi yang akan disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan melalui simbol-simbol. Pesan dapat berbentuk verbal yaitu ucapan atau nonverbal secara tertulis.

c. Komunikan.

Komunikan adalah penerima pesan atau individu atau kelompok yang menjadi sasaran komunikasi.

d. Media.

Saluran atau media adalah tempat pesan tersebut dilewatkan dari komunikator ke komunikan.

e. Umpan balik atau feedback.

Umpan balik atau feedback adalah informasi yang kembali dari komunikan ke komunikator sebagai respon terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Dari umpan balik ini akan membentuk pemahaman atau reaksi terhadap pesan yang dikirimkan, sehingga akan adanya arus komunikasi dua arah.

3. Fungsi Komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Pembentukan konsep diri.

Konsep diri adalah pandangan mengenai diri kamu. Hal ini dapat diperoleh dari informasi yang diberikan oleh orang lain kepada kamu. Pandangan orang lain menjadi penting untuk pembentukan diri.

b. Melangsungkan kehidupan.

Komunikasi pertama kali dipelajari manusia melalui sentuhan orang tua. Dengan adanya komunikasi, akan memberikan seseorang pengertian lewat interaksi, kasih sayang, dan lainnya hingga dapat ditanamkan dalam kehidupan selanjutnya.

c. Mengekspresikan perasaan.

Setiap orang dapat mengungkapkan perasaanya melalui pesan-pesan verbal dan nonverbal. Tentunya ini membutuhkan berinteraksi dengan manusia lainnya sehingga seseorang dapat mengutarakan perasaannya.

4. Jenis Komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Jenis komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya.

- Komunikasi verbal.

Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak, seperti halnya komunikasi yang dilakukan melalui tatap muka.

- Komunikasi nonverbal.

Komunikasi nonverbal adalah bentuk komunikasi dengan media tertulis, biasanya digunakan melalui surat, media teknologi seperti email dan lainnya.

b. Komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya.

- Komunikasi internal.

Komunikasi internal adalah komunikasi yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi, di mana interaksi yang terjadi hanya antar individu atau kelompok dalam organisasi tersebut.

- Komunikasi eksternal.

Komunikasi eksternal adalah jenis komunikasi yang dilakukan dengan publik, misalnya saat jumpa pers, sedang mengadakan pameran dan lain sebagainya.