Brilio.net - Kompetensi adalah kemampuan untuk menerapkan atau menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan terkait yang diperlukan untuk berhasil melakukan fungsi atau tugas dalam pengaturan kerja yang ditentukan. Dalam artian lain, kompetensi adalah kemampuan atau kecakapan yang dimiliki individu dalam melaksanakan suatu pekerjaan di bidang tertentu sesuai dengan jabatan yang disandangnya.

Kompetensi sering menjadi acuan dasar untuk standar yang menentukan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang diperlukan untuk sukses di suatu tempat, serta kriteria pengukuran potensial untuk menilai pencapaian kompetensi. Biasanya kompetensi menjadi ukuran dari keterampilan yang terbukti dan adanya pengetahuan.

Jika dilihat dari asal katanya, kompetensi adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu, competence atau competency yang memiliki arti kemampuan, wewenang, dan kecakapan. Artinya kompetensi tidak selalu diartikan sebagai pengetahuan atau keahlian seseorang, melainkan juga keinginan seseorang untuk mengerjakan apa yang diketahuinya, sehingga mampu memberikan manfaat.

Untuk lebih jelasnya, berikut definisi, manfaat, dan jenis dari kompetensi, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/6).

Definisi kompetensi.

Kompetensi adalah keterampilan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan: pasal 1 (10), "Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan".

Adapun definisi kompetensi menurut beberapa para ahli, diantaranya sebagai berikut.

1. Emron, Yohny, Imas (2017).

Kompetensi adalah kemampuan individu untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan memiliki keunggulan yang didasarkan pada hal-hal yang menyangkut pengetahuan, keahlian, dan sikap.

2. Robbin (2007).

Kompetensi adalah kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan ini ditentukan oleh dua faktor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

3. Sedarmayanti.

Definisi kompetensi adalah suatu karakteristik yang mendasari seseorang dan berhubungan dengan efektivitas kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya.

4. AA Anwar Prabu Mangkunegara.

Definisi kompetensi adalah suatu faktor mendasar yang ada pada seseorang yang memiliki kemampuan lebih dan membuatnya berbeda dengan orang lain dengan kemampuan rata-rata.

5. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel.

Kompetensi adalah suatu karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektivitas performa, yang dapat dilihat dari perilaku, cara berpikir, dan gaya bertindak.

 

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR