Brilio.net - Salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Saat menjalankan mata kuliah wajib ini mahasiswa dituntut untuk bisa menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dan diterapkan ke lingkungan masyarakat secara langsung.

Biasanya mata kuliah KKN ini dilangsungkan di sebuah daerah yang telah ditunjukan oleh pihak kampus secara khusus. Biasanya daerah-daerah yang ditunjuk merupakan daerah yang berada di luar daerah kampus tersebut. Tidak hanya itu, masa KKN juga dilakukan dalam jangka waktu minimal 1 bulan. Sementara itu, saat menjalankan masa KKN para mahasiswa juga tinggal bersama masyarakat.

Tentunya tinggal dan berbaur bersama masyarakat sekitar selama beberapa minggu atau beberapa bulan membuat para mahasiswa dan warga sekitar memiliki hubungan erat. Namun, hingga pada waktunya masa KKN harus berakhir, mereka pun harus rela berpisah. Hal ini lah yang dialami oleh mahasiswa dari salah satu universitas yang melakukan KKN di daerah Maluku.

Kisah perpisahan penuh haru ini pertama kali dibagikan oleh pemilik akun TikTok @george_meturan, pada Rabu (17/8) lalu. Dalam video yang berhasil mendapatkan like lebih dari 103 ribu itu tampak sejumlah warga dan mahasiswa yang sedang melakukan acara perpisahan.

"Pengabdian yang tulus dibalas dengan pelayanan yang tulus berakhir dengan air mata yang tulus pula," ucap pemilik akun @george_meturan, dikutip brilio.net, Kamis (18/8).

 warga lepas penuh haru & antar mahasiswa sampai bandara  Tiktok

foto: TikTok/@george_meturan

Pada video yang diunggah tersebut, diketahui mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Gadjah Mada. Para mahasiswa itu melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Dian, Kecamatan Hoat Sorbay, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Setelah melakukan pengabdian selama beberapa bulan lamanya, masa pengabdian para mahasiswa itu pun harus berakhir. Sebelum para mahasiswa meninggal desa tersebut, mereka menyempatkan untuk berpamitan dengan warga sekitar.

Momen berpamitan itu, tentu membuat warga menangis penuh haru saat melepas mahasiswa KKN UGM yang telah mengabdi ke Desa untuk pulang ke daerah asal mereka. Tidak hanya warga, sejumlah mahasiswa juga tak bisa membendung air mata.

"Sekampung nangis masal melepas pulangnya mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta," ucap si pemilik akun.