Brilio.net - Barang rongsokan seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Barang rongsokan dianggap tak bisa dipakai lagi karena sudah jelek ataupun rusak.

Namun, ada beberapa orang yang bisa melihat nilai jual dari barang rongsokan. Bahkan mereka bisa menjadikan barang rongsokan sebagai benda antik yang bernilai tinggi, terlebih lagi bagi para kolektor.

Seperti yang dilakukan oleh Alex Archbold, seorang pemilik toko barang antik di Kanada yang sering mengumpulkan barang rongsokan sejak usianya 9 tahun.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com pada Kamis (4/2) menurut Alex, semakin unik dan langka barang tersebut, maka akan semakin mahal nilai bendanya. Terlebih lagi apabila barang bersangkutan memiliki nilai sejarah.

"Kadang kala aku memburu barang satu per satu, namun ada kalanya juga aku memborong semuanya," ungkap Alex.

Borong barang rongsokan dalam satu rumah

Pria temukan harta karun © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Curiosity Incorporated


Alex menceritakan bahwa suatu hari dirinya pernah memborong isi satu rumah penuh dengan barang rongsokan, namun ternyata yang ia dapati malah harta karun senilai miliaran rupiah.

Untuk menambah koleksi tokonya, Alex membeli isi rumah penuh dengan barang usang milik mendiang wanita bernama Bette-Joan Rac. Semasa hidupnya, wanita yang akrab disapa Madam Rac ini merupakan seorang guru les piano. Alex memborong perabotan dan barang-barang yang dinilai telah usang di dalam rumah tersebut.

Alex Archbold mengenal mendiang Madam Rac semasa hidupnya sebagai seorang wanita yang sangat stylish. Keduanya pertama kali bertemu beberapa tahun lalu saat Alex membeli mobil Cadillac milik wanita tersebut. Saat itu, mantan guru les piano ini tengah mengalami kesulitan keuangan sehingga ia menjual mobilnya.

Pria temukan harta karun © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Curiosity Incorporated


"Saat melakukan transaksi mobil waktu itu, aku tak masuk ke dalam rumahnya karena ia mengatakan bahwa ia harus membersihkannya terlebih dahulu, sehingga tanda tangan untuk berkas di halaman. Selanjutnya aku pun menjalin hubungan baik dengannya dan saling bertegur sapa saat bertemu di kafe," kenang Alex menceritakan Madam Rac.

Setelah Madam Rac meninggal, ia membayar seluruh isi rumahnya (perabotan dan barang peninggalan lainnya) seharga $10.000 atau senilai dengan Rp 14 Juta. Alex dan istri pun tak berharap banyak dari pembelian ini karena ia mengetahui bahwa pemasukan Madam Rac sebagai seorang guru les piano tak berjumlah banyak.

Temukan harta karun tak terduga

Pria temukan harta karun © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Curiosity Incorporated


Ketika memasuki rumah tersebut, Alex tak berharap banyak namun setidaknya ia akan mendapatkan sebuah piano yang sangat antik dan bagus. Ternyata, di sela-sela rongsokan, ia pun menemukan banyak harta harun.

Di hari pertama ia beserta istrinya menjelajahi rumah tersebut, sulit untuk mengatakan bahwa mereka menemukan harta karun karena ada banyak tumpukan sampah dan rongsokan hingga berbentuk bukit.

Akhirnya, ia pun mulai menyisir tempat dan membersihkan pamflet, majalah, koran, dan sepatu yang ada di ruang tamu. Tiba-tiba saja ia menemukan dompet penuh uang, sebatang perak seberat 100 ons, serta tas yang berisikan emas dan cincin berlian.

"Tak kusangka ternyata mendiang guru les piano nyentrik yang kukenal ini merupakan seorang jutawan," ungkap Alex.

Setelah selesai menyisir seluruh tempat tersebut, kemudian Alex dan timnya memulai lelang pertama dan menghasilkan uang senilai dengan $250.000 atau senilai dengan Rp 3,5 miliar.

"Kami hanya membeli seluruh barang dengan harga Rp 14 Juta, namun setelahnya kami dapat menjual seluruh barang dengan nilai Rp 5,6 Miliar setelah melakukan acara lelang sebanyak 3 kali. Benar-benar pembelian terbaik yang pernah aku lakukan," pungkasnya.