Brilio.net - Masih teringat tragedi kelam jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 di perairan Karawang pada Oktober 2018. Jatuhnya pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang ini menjadi sorotan dunia. Sebab pesawat tersebut merupakan jenis Boeing terbaru yaitu Boeing 737 MAX 8.

Belum lama ini kecelakaan pesawat kembali terjadi terbang di Ethiopia pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET302 juga terjatuh di Addis Ababa, Ethiopia. Kecelakaan ini sering dikaitkan dengan Lion Air JT610. Sebab pesawat yang dipakai jenisnya sama dengan Lion Air yang jatuh di Perairan Karawang.

Kejadian nahas yang terjadi di Ethiopian Airlines telah menelan korban jiwa. Sebanyak 149 penumpang dan delapan orang kru kabin dinyatakan tewas usai pesawat tersebut jatuh pada Minggu (10/3). Namun ada satu penumpang yang beruntung bisa selamat, ialah seorang warga negara Yunani bernama Antonis Mavropoulos. Dikarenakan terlambat dua menit setelah ruang pintu keberangkatan ditutup, pria ini gagal naik pesawat Ethiopian Airlines ET302 dan terhindar dari kecelakaan tersebut.

Dikisahkan olehnya sendiri melalui akun Facebook miliknya, Antonis datang ke Bandara Addis Ababa Bole dengan terburu-buru. Sesampainya di sana, ternyata pintu keberangkatan telah ditutup. Ia hanya terlambat dua menit saja. Antonis bahkan masih bisa melihat penumpang terakhir masuk ke pintu keberangkatan.

foto: Facebook/antonis.mavropoulos

Meski sudah meminta untuk diikutkan ke penerbangan itu, namun permintaan pria ini ditolak oleh petugas bandara. Akhirnya ia dibawa ke ruang tunggu dan mendapat kabar bahwa dipindahkan ke penerbangan berikutnya, yakni pukul 11.20 waktu setempat.

Namun tiba-tiba ketika mendekati waktu keberangkatan penerbangan berikutnya, pria yang menjabat sebagai Direktur International Solid Waste Association ini diminta untuk ke kantor polisi bandara. Di sana petugas meminta kepada dirinya untuk tidak protes karena gagal terbang.

Petugas itu menyarankan Antonis untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena tidak jadi naik pesawat ET302. Oleh karena ternyata pesawat itu dikabarkan hilang kontak usai lepas landas. Lalu kemudian pesawat itu dikabarkan jatuh dan menewaskan seluruh penumpang dan kru.

"Dia mengatakan kepada saya dengan lembut untuk tidak protes dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, karena saya satu-satunya penumpang yang tidak masuk penerbangan et 302 yang hilang," tulis Antonis seperti brilio.net kutip pada Senin (12/3).

Bersamaan dengan curhatannya tersebut, ia mengunggah tiket Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET302. Ia mengaku merasa beruntung sekaligus lemas mendengar kabar tersebut. Iapun memberi judul curhatan tersebut dengan "My Lucky Day".

Rencananya pesawat tersebut terbang dari Ethiopia menuju Nairobi, Kenya. Kemudian pesawat kehilangan kontak pukul 08.44 waktu setempat setelah landas pada pukul 08.38 dari Bandara International Bole di Ethiopia.



Keyword: kisah penumpang selamat ethiopian airlines