Brilio.net - Jalanan rusak dan berlubang memang kerap kali ditemukan di berbagai wilayah. Baik di kota-kota besar, maupun pedesaan. Faktor yang menjadi penyebab jalan rusak itu sendiri beragam, mulai dari bencana alam, kualitas aspal, dan banji.

Penanganan yang lambat tentulah berdampak pada banyak hal, terutama bagi keselamatan pengendara lainnya. Tak ayal, jalanan berlubang sering menjadi penyebab pengendara bisa mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kasus seperti ini lah yang akhirnya membuat sosok Opa Sadam tergerak hatinya. Dilansir brilio.net dari akun Facebook Jusrin Hulopi, Opa Sadam dengan sukarela menambal sedikit demi sedikit jalanan berlubang di kawasan Provinsi Gorontalo dengan tangannya langsung dan bahan yang dibawanya.

opa sadam gorontalo © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Jusrin Hulopi

"Namanya Opa Sadam. Tiap hari kerjanya menampal jalan yg berlubang yakni jalan Provinsi area Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Timur," tulisnya seperti dikutip brilio.net.

Jusrin menuliskan, setiap harinya Opa Sadam mencoba melakukan penanganan jalan berlubang di kawasan Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menggunakan semen. Ia juga membawa dua bambu atau batang pohon lainnya serta kerucut jalan agar tidak ada pengendara yang melintasi jalan yang sehabis ditambal.

Bukan hanya itu, Jusrin kemudian menceritakan bahwa Opa Sadam mendapat upah melalui sukarela atau belas kasihan dari pengendara yang melintas. Dalam gambar tersebut, terlihat sebuah kardus yang ditaruh di atas kursi berwarna hijau dan diletakkan di tengah jalan.

opa sadam gorontalo © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Jusrin Hulopi

"Upahnya dari belas kasihan pengguna jalan. Ini jalan provinsi belum pernah di perbaiki sejak provinsi Gorontalo terbentuk. Semoga status ini bisa di baca oleh pemerintah selaku pemangku kepentingan," tambahnya.

Atas sikap keikhlasan yang dilakukan Opa Sadam, kini sosoknya viral di media sosial. Banyak warganet yang menjuluki dirinya sebagai 'Pahlawan Jalanan' karena kebaikan hatinya rela menambal jalan dengan upah hanya dari belas kasihan.

Banyak warganet yang merasa salut dan berharap apa yang dilakukan Opa Sadam mampu dilihat oleh pemerintah, sehingga jalanan lainnya bisa diperbaiki dan tidak membahayakan pengguna jalanan lainnya.

"Semoga bapa dlancarkan rezeky nya . Di amgkat derajat nya pak . Jangan berhenti jadi orang baik," tulis @resanurlantika17.

"Tugas yg mulia, smga allah melipatgandakan amalan dan pahalanya. Tambal jalan yg brrlubang dapat mengurangi terjadinya kecelakaan, sehat slalu pak panjang umur smga rezkihnya di mudhkan," komen @edi_setiadi89.

"Salut sama bapa , semoga bapa nya selalu di berikan rejeki yg berkah & di berikan pahala yg berlipat ganda ga perlu nunggu punya jabatan apa2 ya pa untuk berbuat baik & bantu orang banyak," ujar @monica_addini.

"Masya allah . Mulia nya hati bapak ini . Semoga allah ganti dgn pahala yg berlipat ganda . Aamiin," tutup @dyni_hayati.