Brilio.net - Anak muda yang baru saja lulus kuliah pasti akan sangat asing ketika menghadapi dunia kerja. Terkadang susahnya mencari pekerjaan membuat beberapa orang kemudian jadi malas. Mereka lebih memilih bermalasan di rumah dan tetap menggantungkan nasib kepada orangtua.

Jika kamu termasuk golongan anak muda seperti itu, harusnya malu dengan semangat yang dimiliki Kasmawaty. Sebab di usianya yang sudah menginjak 56 tahun, ia masih semangat dalam bekerja. Pekerjaannya pun beda dari yang dilakukan nenek-nenek pada biasanya. Nenek asal Makassar ini bekerja sebagai sopir taksi online.

Kisah ini awalnya diceritakan oleh pemilik akun Facebook Sry Alwi Fattah. Meski usianya tak muda lagi, Kasmawaty nggak mau cuma berdiam diri di rumah saja. Padahal ibu enam anak ini merupakan istri dari pensiunan polisi.

Orderan Sry dari rumahnya di Jalan Sultan Abdullah, Makassar menuju lokasi kerjanya ini kebetulan diambil oleh Kasmawaty. Mendapat sopir wanita yang usianya puluhan tahun lebih tua tentu membuat Sry kaget sekaligus salut.

Terlihat dari video yang diunggah oleh pemilik akun Facebook tersebut, Kasmawaty mengatakan kalau ia sudah jadi sopir taksi online selama hampir satu tahun. Padahal anak-anaknya sudah melarang sang ibu untuk melakukan hal tersebut.

56 tahun sopir taksi © Facebook/linglungdocyee

foto: Facebook/linglungdocyee


Kasmawaty juga berujar kalau sesekali pernah ambil order hingga hampir tengah malam. Saat ditanya, nenek ini dalam sehari bisa ambil sampai 11 orderan. Wah, etos kerjanya masih seperti anak 17 tahun saja nih!

"Anak muda yang lagi malas2an dirumah, harus kudu Wajib nonton video ini sampai kelar.
Ibu kasmawaty, driver Dari @grabid Usianya 56 tahun, tapi semangtnya Dah Macam anak 17tahun. To be honest ku sempet malu aja sm Ibu ini, karena di usia senja beliau tidak memilih untuk diem dirumah ngarepin penghasilan anak2nya atau penghasilan suaminya (yg kebetulan pensiunan polisi)
Beliau memiliki 6 orang anak. suaminya Alhamdulillah masih ada, tapi semangtnya untuk nyari nafkah asli gak ada duanya.
Pas tadi ku tanya "Hari ini udah brp trip Ibu " beliau jawab sudah 11. Masya Allah. Beliau jg kadang untuk mencapai tripnya bisa Ngambil penumpang hingga Larut mlm katanya. Beliau nganterin aku dari sultan abdullah (rumhku) sampai ke jendral sudirman (lokasi ngeMc) pas sampai Tadi smpet salah masuk parkiran (wajar.... Namanya jg buibuk usia Senja.) Masya Allah.... Habis ngeliat ini jadi semangat Nge mc Tadi. Semoga kalian2 anak2 muda bisa contoh nih ibuk kasma (jangan mau kalah sm orang tua) . Dan semoga Ibu kasma rejekinya lancar, selalu diberi kesehatan, dan Semoga selalu dalam lindungan ALLAH SWT. Aamin," tulis Sry seperti dikutip brilio.net pada Jumat (7/12).

Kisah yang sangat inspiratif ini pun tentu saja langsung viral di Facebook. Postingan Sry ini telah dibagikan lebih dari 5.000 kali. Banyak warganet yang meninggalkan doa dan mengucapkan salut kepada Kasmawaty.

"Aamiin ya Allah... Inspirasi buat kt para perempuan," ungkap akun Idha Fika Qiqi.

"hati2 ya bu.semoga allah jaga ibu dan ibu ku.aamiin," ujar akun Salman Alfarisi.

"Mandiri gk mau nyusahin anak ...hebat semangat bu," tulis akun Errin Pradhita.