Brilio.net - Menjadi seorang pengusaha mungkin adalah dambaan banyak orang. Mengelola sebuah bisnis dan mengembangkannya sehingga menjadi sukses. Namun, nggak perlu menunggu sampai tua untuk memulai karier sebagai wirausaha. Pasalnya ketika kamu memiliki niat kuat, mulailah sedini mungkin untuk meraih mimpi itu.

Hal ini seperti juga yang digambarkan oleh Tanish Mittal, pendiri perusahaan Innowebs Tech. Jangan dibayangkan ia adalah sosok pria dewasa seperti tampilan pengusaha pada umumnya. Sebab ia merupakan remaja yang masih berusia 15 tahun. Tak bisa dianggap remeh, di usia yang terbilang masih belia Tani telah meraih penghargaan wirausaha termuda. Pencapaian tersebut ia dapatkan setelah mendirikan perusahaan berbasis web bernama Innowebs Tech di Jalandhar, ketika ia baru berusia 10 tahun.

CEO termuda © YouTube

foto: YouTube/Innowebs Tech

Bakat Tanish rupanya sudah mulai terlihat ketika ia berusia 8 tahun. Saat itu ia sudah mempelajari keterampilan seperti mengerjakan berbagai jenis perangkat lunak, animasi, desain web, keamanan teknologi, dan peretasan etis. Dilansir dari percakapan Indiatimes Hindi bersama ayah Tanish, Nitin, dikatakan bahwa Tanish tampak antusias ketika mengamati sang ayah saat menggunakan komputer. Sehingga Tanish pun diajarkan ilmu komputer dasar oleh sang ayah ketika berusia 6 tahun. Berbeda dengan anak di usianya, Tanish justru menghabiskan masa bermainnya dengan mempelajari komputer.

Pada usia 9 tahun, Tanish Mittal semakin memiliki pemahaman yang baik tentang Internet. Pada usia yang muda itu, Tanish mulai melakukan banyak hal seperti mengerjakan animasi, pengeditan audio dan video, photoshop, dan desain web dengan bantuan internet di rumah. Melihat bakat sang putra, Nitin pun mencoba mendukung keinginan Tanish untuk menekuni minatnya. Bahkan ia menyetujui kemauan Tanish untuk keluar dari sekolahnya saat itu.

CEO termuda © YouTube

foto: YouTube/Innowebs Tech

Membangun perusahaan sendiri di usia anak-anak tentu bukanlah hal yang mudah. Namun dengan bakat itu Tanish menunjukkan pada sebuah institusi swasta bahwa kemampuannya dapat dibuktikan dalam dunia profesional. Setelah melalui tes, institut tersebut justru terkejut dengan pemahaman Tanish, sehingga memberinya izin masuk dan Tanish pun berhasil menyelesaikan diploma profesionalnya.

Langkah meraih mimpi tak dilakukan Tanish sampai di situ saja. Ia berpartisipasi dalam banyak acara sains di kotanya untuk menambah wawasannya. Kerja kerasnya pun berbuah manis, dia mendapat dukungan dari banyak ahli di industri teknologi. Tak heran, dengan dedikasinya itu kini Tanish sudah menjabat sebagai CEO muda di perusahaannya sendiri. Perusahaan itu menyediakan layanan seperti pengembangan web, pengembangan perangkat lunak berbasis cloud, animasi, efek visual, serta keamanan dan pelatihan cyber.

Dalam 5 tahun terakhir, Tanish pun tumbuh menjadi remaja sukses. Perusahaan pengembangan keterampilan Deusoft menghormatinya dengan penghargaan 'Pengusaha Termuda' dalam seminarnya. Selain itu ia juga menerima penghargaan besar seperti 'Page-3 Excellence Award' dan kerap menjadi pembicara di berbagai sekolah hingga perguruan tinggi.