Brilio.net - Bekerja sebagai content creator kini jadi impian banyak orang, terutama anak muda. Keinginan ini tak terlepas dari pesatnya perkembangan zaman dan teknologi.

Dimulai dari konten foto, perlahan tapi pasti kini hampir semua konten beralih ke dalam bentuk video. Hal ini tentunya berdasarkan dari perubahan minat masyarakat saat menikmati konten.

Seperti diketahui, saat ini konten video pendek menjadi salah satu media yang paling diminati dan dicari. Bahkan, berdasarkan data dari Cisco Annual Internet Report, tren konten video pendek akan semakin meningkat hingga 82% sampai 2022 mendatang, karena dianggap lebih dapat mengekspresikan berbagai bakat penggunanya.

Terlebih, dengan berkembangnya platform video pendek saat ini, semakin besar pula kesempatan bagi semua orang untuk menjadi content creator. Seperti yang dikatakan Andy Warhol, seorang produser film ternama, "Di masa depan, semua orang akan terkenal di dunia selama 15 menit."

Ya, pada era modern ini, seseorang bisa lebih mudah menjadi terkenal, selama menemukan platform yang tepat untuk menunjukkan bakatnya ke dunia.

Loading...

Seperti lima content creator berikut ini yang sukses jadi pemenang kontes Likee Star Idol, sebuah ajang pencarian content creator berbakat di Indonesia oleh Likee pada Februari lalu. Kontes yang berhadiahkan lebih dari 35 juta rupiah ini menjadi panggung untuk para content creator untuk mengekspresikan diri dan menjadi bersinar, sesuai dengan slogan Likee ‘Saatnya Kamu Bersinar’.

Mau tahu gimana kisah perjuangan mereka hingga akhirnya keluar jadi pemenang? Yuk, simak di bawah ini sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/3).

1. Wahyu Kadeo: Pernah putus sekolah karena kemiskinan, kini menjadi tulang punggung keluarga

Likee_image istimewafoto: Likee | Likee.video/wahyukadeoo1

Wahyu tak menyangka bisa masuk 5 besar mengingat peserta lain juga sangat kompetitif dengan konten yang luar biasa dibanding dirinya yang terbilang baru di dunia Likee. Dibandingkan satu tahun lalu, sekarang kondisinya jauh lebih baik.

Ia bersyukur atas prestasinya di platform ini. Pada tahun 2018, ia sempat harus putus sekolah karena keadaan keuangan keluarga. Namun, banyak hal berubah sejak dia bertemu Likee. “Meskipun awalnya sulit, ketika aku pertama kali bergabung dengan Likee, aku hampir ingin menyerah karena konten yang aku buat belum berhasil memiliki banyak likes. Tapi kemudian aku bergabung dengan agensi Golden Maker, dengan perkenalan dari Likee, dan mereka sangat sabar untuk memanduku dalam produksi konten,” kata Wahyu.

Setelah menjadi semakin profesional dalam membuat konten dan memiliki basis penggemar yang besar, yaitu sebanyak satu juta, Wahyu dapat menghasilkan uang sendiri dari Likee. Tidak hanya untuk menghidupi dirinya sendiri, sekarang ia juga menjadi tulang punggung keluarga dan mampu untuk memenuhi segala kebutuhannya dan keluarga.

2. Ulva Atika Inas: Jadilah diri yang lebih baik dengan dukungan dari keluarga dan teman

Likee_image istimewafoto: Likee

Ulva adalah gadis yang beruntung, yang memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi hal-hal yang diminati dan mendapat dukungan dari keluarga dan teman. Ulva sangat senang menjadi salah satu pemenang kontes Likee Star Idol, karena impian terbesarnya adalah membuat orang tuanya bangga dan kemenangan ini menjadi bukti dari dirinya sendiri.

Memilih karir untuk menjadi influencer tidaklah mudah, karena hal ini merupakan sesuatu yang baru dan terkadang mendapat kritikan dari orang tua. Gadis yang memiliki bakat face painting ini juga sempat tidak yakin pada dirinya sendiri sebelumnya, dia berkata, "Aku mengakui bahwa aku sangat terluka ketika menerima komentar negatif dari orang lain sebelumnya, ketika mereka mengatakan bahwa kontenku membosankan dan aku kurang kreatif dalam membuat konten." Alhamdulillah, dia tidak pernah menyerah dan membuat kita bisa mengagumi hasil karya face painting-nya yang menakjubkan dari gadis yang bersinar ini sekarang. “Dorongan keluarga dan teman-temanku adalah dukungan terbesar,” lanjut Ulva.

Setelah menjadi content creator terkenal di Likee, Ulva mendapat kesempatan untuk dilihat dan didengar oleh lebih banyak orang, melalui wawancara melalui media atau melalui media sosialnya dengan jutaan penggemar. “Kamu bisa menjadi diri yang lebih baik, dengan tidak mudah menyerah dan selalu berdoa serta memohon restu dari keluarga dan sahabat.” Dengan kalimat ini, ia berharap bisa menginspirasi anak muda lainnya saat mengejar impiannya.

3. Maitsa Chantika Abigail Putri Koetin: Selalu kreatif untuk bertahan di dunia yang penuh persaingan

Likee_image istimewafoto: Likee | Likee.video/chantika1556

Chantika adalah pemenang dengan pengikut terbanyak yaitu lebih dari 20 juta, dari Top 5 Likee Star Idol. Dia merasa senang dapat memenangkan kontes dan bangga dengan para pengikutnya yang luar biasa. Namun, gadis muda ini memiliki pikiran yang positif dalam menghadapi dunia yang penuh dengan persaingan ketat, ia berkata, "Dengan banyak idola baru yang bermunculan, kita harus tetap kreatif untuk bertahan dalam persaingan yang ketat." Ambil Likee sebagai contoh, dengan hanya tiga tahun setelah peluncuran produk, sudah ada banyak bintang baru di media sosial yang lahir dari platform ini, dan lima pemenang di sini adalah bukti terbaik dari kemampuannya menghasilkan bintang.

Chantika tidak pernah menyembunyikan ambisinya untuk menjadi terkenal. Hal ini tidak hanya membuat orang tuanya bangga padanya, tetapi juga dia bisa menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan menginspirasi orang lain dengan kisahnya mengejar mimpi. “Jika kamu ingin terkenal, jujurlah pada diri sendiri dan temukan cara untuk bekerja keras mencapai tujuanmu. Aku yakin setiap orang berhak untuk bersinar di era modern. Kita beruntung hidup di masyarakat yang seperti sekarang ini,” tutup Chantika.

4. Annisa Aurelia Kaila: Gadis manis yang kuat menerima komentar negatif dari haters!

Likee_image istimewafoto: Likee | Likee.video/annisa.ak

Ketika kamu melihat gadis manis ini bernyanyi dan dance dengan percaya diri di videonya, kamu pasti tidak menyangka bahwa sebelumnya ia sangat pemalu. Annisa dulu tidak percaya diri sama sekali. Ketika pertama kali bergabung dengan Likee, karena kurangnya pengalaman membuat konten dan memulai dari akun dengan pengikut yang sedikit. Seiring berjalannya waktu, Annisa kini menjadi rising star yang tumbuh dari media sosial melalui kerja kerasnya dan konsisten dalam membuat konten. Ia berkata, “Likee memperkenalkanku dengan penggemar yang lebih luas. Dengan meningkatnya kepopuleran yang aku peroleh dari Likee, aku bisa berpartisipasi dalam lebih banyak iklan dan syuting sinetron.” Bahkan baru-baru ini, Annisa baru saja mendapat tawaran bermain di sinetron baru. Selamat!

Sebagai salah satu pemenang Top 5 Likee Star Idol, Annisa merasa sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada keluarga serta fans yang selama ini selalu mendukungnya. Tantangan yang dihadapinya adalah masih ada sebagian orang yang tidak menyukainya (haters). Tapi sekarang Annisa cukup kuat untuk menghadapi dan menerima komentar mereka.

Tips dan trik dari Annisa bagi yang ingin menjadi content creator yaitu: jangan pernah merasa sombong dan jangan pernah merasa puas dengan hasil yang didapat. Bersyukurlah selalu atas apa yang kita dapatkan, dan teruslah bekerja keras.

5. Syahrina Putry: Dari pelajar biasa menjadi influencer yang dikenal banyak orang

Likee_image istimewafoto: Likee | Likee.video/syahrinaputry02

Syahrina mengaku sangat senang setelah menjadi salah satu pemenang lomba Likee Star Idol. Tiga tahun yang lalu, Syahrina adalah gadis yang memiliki kehidupan sekolah seperti gadis 12 tahun lainnya. Namun hasratnya dalam mengedit video membuatnya menemukan dunia yang lebih besar di Likee dan mengeksplorasi bakatnya. Sekarang, bakatnya dalam menyanyi, dance, dan membuat konten lifestyle telah mengubahnya menjadi influencer dengan 2,7 juta pengikut.

“Aku tidak dapat membayangkan hidupku tanpa konten video pendek, karena ini memperluas wawasanku. Aku menemukan dunia yang lebih besar dengan panggung yang bersinar bagiku, di mana aku bisa menunjukkan bakatku dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia,” katanya, “Sekarang aku menjadi kebanggaan keluargaku, bukan lagi menjadi gadis kecil yang tinggal di dunia kecilnya lagi. sebaliknya, aku memiliki banyak pengikut yang menyukaiku, ini akan memotivasiku untuk terus bekerja keras.” Ia akan berani menghadapi tantangan yang muncul sejalan dengan ketenarannya saat ini, seperti menerima kritik dari orang lain, karena kita tidak bisa memaksa semua orang untuk menyukai diri kita. Hal tersebut adalah salah satu konsekuensi yang harus dihadapi seorang gadis yang telah beranjak dewasa, seperti lagu lama "Big Big World" oleh Emilia.

Kisah menarik dan inspiratif dari 5 Top Likers di atas jadi bukti usaha dan komitmen yang berjalan beriringan mampu mengantar seseorang meraih kesuksesan. Para pemenang Likee Star Idol ini tetap konsisten membuat konten dengan menunjukkan bakat dan kreativitasnya di Likee.

Kontes yang diadakan Likee dari 1-21 Februari 2021 ini jadi bentuk apresiasi dan mendukung para Likers berbakat untuk berani mengekspresikan diri. Likee, memberikan apresiasi mereka, dengan menyiapkan lebih dari 35 juta Rupiah sebagai hadiah kepada para content creator yang menang.

Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk hadir di channel YouTube Gritte Agatha yang memiliki sebanyak 4,03 juta subscriber. Lewat kesempatan ini mereka akan semakin dikenali lebih banyak orang melalui berbagai peluang exposure di media sosial serta berbagai platform media tradisional.

Tak berhenti di Likee Star Idol, platform pembuatan video pendek berbasis di Singapura ini juga akan terus mengadakan lebih banyak kontes untuk melahirkan bintang-bintang berbakat di masa mendatang. Sejalan dengan tagline "Let You Shine", Likee ingin mendukung dan memberi penghargaan kepada para content creator berbakat di tanah air untuk menjadi bintang bersinar di publik.

 Adv.