Brilio.net - Salat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan bagi orang-orang yang beragama Islam. Hal ini karena salat merupakan tiang agama, sehingga menjadi ibadah wajib. Biasanya salat dilaksanakan di masjid atau musala secara berjamaah. Namun berbeda dengan kisah seorang tunanetra yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok. Orang tersebut terekam sedang melakukan tayamum dan salat di depan sebuah minimarket.

Video yang berdurasi 22 detik tersebut diunggah oleh akun TikTok @ciaobelaf pada akhir Juni lalu. Dalam video itu terlihat seorang tunanetra yang juga berprofesi sebagai penjual kacang sedang melakukan tayamum alias menyucikan diri tanpa menggunakan air dan salat di depan minimarket. Bahkan setelah bertayamum, pria tersebut langsung melaksanakan salat di depan supermarket itu. Terlihat ia berjongkok berhadapan langsung dengan galon air mineral.

Tunanetra ini tayamum dan salat di depan minimarket TikTok

foto: TikTok/@ciaobelaf

Ia lantas menggunakan debu yang menempel pada wadah galon air berwarna biru untuk bertayamum. Dengan gerakan perlahan, pria tersebut pertama-tama membuka masker yang ia kenakan. Ia kemudian mengusap wajahnya dan beberapa bagian tubuh lainnya. Setelah selesai tayamum, pria tersebut berdiri lalu mencoba meraba daerah di sekitarnya untuk memastikan tempat ia salat.

Sementara di belakang pria itu terdapat barang-barang jualannya. Pria tunanetra itu diketahui sedang bertayamum untuk segera melaksanakan salat Ashar.

"MasyaAllah, sering mampir kesini kalau abis pulang kerja dan ngelarisin dagangan bapaknya ini. Beliau tuna netra dan jaulan kacang rebus. Harga kacangnya murah, cuma 3 ribuan aja.

Dan hari itu liat beliau sedang tayamum untuk melaksanakan shalat ashar. Sehat selalu bapak," tulis akun TikTok @ciaobelaf melalui keterangan video yang diunggahnya.

Tunanetra ini tayamum dan salat di depan minimarket TikTok

foto: TikTok/@ciaobelaf