Brilio.net - Definisi keluarga tak bisa diartikan sebatas hubungan darah saja. Bahkan seseorang bisa merasa terikat hubungan kuat dengan seseorang yang mereka sayangi. Hal ini pula yang dirasakan keluarga Kayley Ong. Warga Singapura itu memperjuangkan kesembuhan Neng Susilowati, wanita asal Subang, Jawa Barat yang menjadi asisten rumah tangga (ART) keluarganya. Diketahui, Neng dirawat intensif di Rumah Sakit Tan Tock Seng setelah dinyatakan menderita aneurisma otak.

Dilansir brilio.net dari Mothership.sg, Senin (25/10), insiden itu bermula ketika Neng pingsan di rumah keluarga Ong. Saat itu, ia ditemukan tidak sadar meskipun dengan mata terbuka. Setelah melalui pemeriksaan dokter, Neng didiagnosis mengalami pecah Aneurisma. Para dokter yang merawat Neng mengatakan wanita itu dalam kondisi kritis dan tidak bisa dipastikan untuk kesembuhannya.

ART Indonesia alami aneurima otak © Facebook

foto: Facebook/Kayley Ong

Mendengar pernyataan dokter, keluarga Ong rupanya memutuskan untuk melanjutkan perawatan sang ART. Meski mengetahui biaya pengobatan yang tak sedikit, namun mereka hanya menginginkan kesembuhan Neng. Pasalnya, sosok Neng sudah bergabung dalam keluarga Ong sejak tahun 1999. Keluarga asal Singapura itu pun sudah menganggap ART itu sebagai bagian dari keluarganya.

"Kami menyadari biayanya yang tinggi, tetapi pada saat itu kami hanya ingin menyelamatkan nyawanya. Kami hanya ingin dia kembali sehat seperti yang dia bisa," jelas Ong.

ART Indonesia alami aneurima otak © Facebook

foto: Facebook/Kayley Ong

Neng yang telah mengasuh Ong sejak berusia 5 tahun, dianggap sebagai seorang ibu, sahabat, dan kakak baginya. Bahkan hingga ia dewasa, Ong tak pernah meninggalkan keluarga itu. Hal tersebut yang membuat Ong dan keluarganya memutuskan untuk memperjuangkan kesembuhan Neng.

"Dia adalah bagian dari kami sejak hari pertama. Dia telah bersama kami melalui masa-masa baik, atau buruk, dan dalam setiap pencapaian. Tertawa bersama kami, khawatir bersama kami, dia telah menyaksikan semuanya. Kami yakin untuk mengatakan bahwa dia adalah keluarga," tuturnya.

ART Indonesia alami aneurima otak © Facebook

foto: Facebook/Kayley Ong

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa tagihan perawatan Neng menjadi salah satu kendala bagi keluarga Ong. Diketahui tagihan Neng saat ini mencapai kisaran Rp 1,4 miliar dan akan terus bertambah. Sehingga, mereka pun memutuskan melakukan penggalangan dana untuk kesembuhan Neng. Melalui media sosial Facebook, Ong pun menjelaskan bahwa biaya yang masuk akan dikelola langsung oleh pihak keluarga, untuk perawatan Neng.

"Kami berharap semua orang bisa, atas nama keluarga saya dan saya, menyumbang dan atau membagikan postingan ini, dan menjangkau sebanyak mungkin individu. Linknya ada di bio saya. Silakan bagikan postingan ini.Terima kasih banyak semuanya..," begitu tulisnya.