Brilio.net - Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia. Sebagai seroang pahlawan tanpa tanda jasa, guru merupakan sosok yang berperan dalam mencerdaskan bangsa Indonesia.

Namun terkadang pekerjaan sebagai seorang guru tidak mendapatkan gaji yang kurang wajar. Terlebih bagi para guru honerer setiap bulannya mereka harus menerima gaji yang memprihatinkan. Tentu saja dengan kondisi seperti ini seorang guru honorer harus pintar-pintar mencari pekerjaan sampingan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kisah ini juga dialami oleh salah satu guru honorer yang tengah viral di media sosial ini. Akun TikTok @minhamua, Rabu (27/10) mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kisah seorang guru honorer yang memiliki kerja sampingan sebagai seorang perias atau biasa disebut make up artist (MUA).

@minhamua

Semog lelahku jadi berkah

suara asli - MINHA MUA

 

"GURU HONORER GAJI 350RIBU CEK," tulisnya dalam keterangan video unggahannya.

Dalam video memperlihatkan saat dirinya akan berangkat bekerja. Dirinya juga membawa beberapa peralatan makeup yang diletakkan dalam tas. Peralatan makeup itu pun dia bawa ke sekolah.

Kisah guru honorer gaji Rp 350 ribu © 2021 TikTok

foto: TikTok/@minhamua

Selanjutnya dia mengajar dari pagi sampai siang. Selesai mengajar, dia pun langsung ke lokasi untuk makeup klien. Bahkan, dia masih mengenakan seragam saat melakukan makeup. Dia mengungkapkan jika guru honorer harus mempunyai usaha sampingan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kisah guru honorer gaji Rp 350 ribu © 2021 TikTok

foto: TikTok/@minhamua

"guru honoer harus punya usaha sampingan. Kalo ngga punya sampingan semua kebutuhan tak tercukupi. Semangaaaat, semoga lelahku jadi berkah," ujarnya.

Video yang diunggah pada (24/10) lalu ini lantas menjadi sorotan warganet. Hingga artikel ini ditulis video tersebut telah disukai oleh sebanyak 100 ribu pengguna TikTok lainnya. Kolom komentar pun dipenuhi pujian dari warganet.

Kisah guru honorer gaji Rp 350 ribu © 2021 TikTok

foto: TikTok/@minhamua

"Semangat bu guru," tulis @alantikamakeup.

"Jadi bangga dengan bu guru, semangat bu guru," puji @gustiyani.

"Semangat terus bu guru, semoga sukses selalu," komentar @callmetha.