Brilio.net - Kurang dari satu bulan lagi, umat muslim kembali akan merayakan Lebaran Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019. Menjelang hari Idul Adha, kini mulai banyak pedagang hewan kurban yang menawarkan jualannya.

Berbicara soal hewan kurban, belum lama ini ada kisah viral tentang sekelompok anak yang rela nggak jajan berbulan-bulan demi bisa membeli hewan kurban. Bocah berjumlah tujuh orang ini secara sukarela janjian untuk menyisihkan uang jajan mereka untuk ditabung.

Kisah ini dibagikan oleh akun Instagram @seribusapiqurban. Pada beberapa postingannya, akun milik penyedia hewan kurban ini mengungkapkan kalau tujuh bocah asal Bogor tersebut mampu membeli hewan kurban berupa sapi seharga Rp 20,5 juta. Wow!

"MasyaAllah, anak 2 smp qurban sapi seharga 20jt sama temanya 7 orang. Dari hasil tabungan uang jajan sekolah. Bukan untuk beli mainan atau gadget tapi untuk berbagi sapi qurban kepada sekelilingnya," tulis akun tersebut pada postingannya seperti brilio.net kutip pada Rabu (24/7).

Ialah Iki, Abu Bakar, Zilal, Zalfa, Yudi, Fauzan dan Sukatma. Cowok belasan tahun yang rata-rata masih SMP ini mengungkapkan kalau sehari-harinya mereka menabung dari uang jajan. Seperti yang diungkapkan oleh beberapa bocah tersebut, uang jajan mereka dalam satu hari hanya berkisar Rp 10 sampai Rp 20 ribu saja.

Meski demikian, ketujuh bocah ini berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 20,5 juta hasil dari nabung selama 10 bulan. Dalam proses menabung, tentu harus ada yang dikorbankan. Seperti misalnya mereka harus menahan rasa ingin jajan dan memilih membawa bekal ke sekolah.

Ketika ditanya alasannya, salah seorang bocah bernama Iki mengungkapkan kalau mereka ingin berbagi. Dalam video tersebut, Iki menjelaskan kalau mereka jauh-jauh naik angkot dari Pasar Anyar, Bogor ke tempat penyedia hewan kurban itu. Rencananya hewan kurban yang dibeli Iki dan kawan-kawan bakal disembelih pada 11 Agustus mendatang

Kisah tujuh bocah yang rela nggak jajan selama 10 bulan untuk beli sapi kurban ini sedang viral. Banyak warganet yang memuji serta memberi reaksi salut atas aksi bocah-bocah tersebut.

"Masya Allah keren nih bocah2 pada," tulis akun @bang_wedd.

"Subhanallah keren kali bang," ujar akun @kalayak.shop.

"mantap jiwa.. salam dari lombok utk ke tujuh insan berjiwa mulia," kata akun @kakaaldo.94.