Brilio.net - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang cukup terpukul akibat pandemi Covid-19. Salah satu penyebabnya, UMKM dinilai belum melek digital secara maksimal. Padahal, di masa sulit seperti sekarang, banyak perusahaan atau brand yang mampu bertahan karena mereka tancap gas memanfaatkan perkembangan digital.

Bahkan tidak jarang ada yang memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk mereka. Tapi, bagaimana dengan UMKM? Mereka minim jejaring dan akses kepada influencer. Sudah begitu, anggaran untuk promosi digital menggunakan jasa influencer disebut-sebut cukup mahal.

Tapi sekarang UMKM bisa kok memasarkan produk-produk mereka melalui platform digital dengan memanfaatkan jasa influencer. Solusi inilah yang ditawarkan Gojek yang berkolaborasi dengan Allstars.id, platform marketing influencer. Lewat kolaborasi inovatif ini, para mitra UMKM Gojek dapat terhubung langsung dengan para influencer.

Nah seperti apa ya kolaborasi yang bisa membantu UMKM mampu bertahan di tengah pandemi dengan memanfaatkan jasa influencer melalui platform digital, berikut faktanya.   

1. Bisa pilih kategori influencer

Loading...

Gojek x Allstar © 2021 brilio.netAllstars.id

Para pelaku bisnis UMKM bisa memilih kelas influencer. Mau yang nano, influencer yang memiliki 1.000-10.000 followers, micro dengan 10.000-100.000 followers, macro dengan 100.000-1 jutafollowers, hingga mega atau top tier dengan lebih dari 1 juta followers. Nah untuk kelompok yang satu ini biasanya dihuni para selebritas. 

2. UMKM bisa naik kelas nih

Gojek x Allstar © 2021 brilio.netGojek

Lewat Allstars.id, para mitra UMKM Gojek dapat memanfaatkan fitur yang merekomendasikan influencer dengan jejaring yang tepat untuk mendukung kampanye digital yang impactful serta sesuai dengan tujuan dan bujet yang ada.

“Kolaborasi ini menjadi  komitmen Gojek dalam mendukung para pelaku UMKM agar mampu bertahan dan tumbuh di masa pandemi sekaligus membuat UMKM naik kelas,” ujar VP Commercial Solutions and Operations Gojek Vincent Bachtiar saat jumpa pers virtual, Senin (15/2/2021).   

Melalui kerjasama ini para pelaku UMKM dapat menjangkau lebih banyak konsumen, memperluas pangsa pasar, dan menjadi lebih memiliki daya saing dalam pertumbuhan ekonomi digital.

3. Promosi cepat dan aman

Gojek x Allstar © 2021 brilio.netGojek

Pemanfaatan influencer marketing sangat efektif dalam mempromosikan brand maupun produk dan layanan di era digital. Sejak diluncurkan pada November 2019, sudah ada lebih dari 125 ribu influencer yang tergabung di Allstar.id.

“Platform Allstars.id menghadirkan solusi mudah bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengimplementasikan strategi marketing influencer yang efektif,” ujar Business Director of Allstars.id Alex Wijaya.

Dengan memanfaatkan platform Allstars.id yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs web, para pelaku UMKM bisa mempromosikan produk mereka di dunia media sosial digital dengan proses yang cepat dan aman. 

“Selama ini, para pelaku UMKM menemukan tantangan karena keterbatasan jejaring mereka di ranah media sosial untuk dapat menerapkan strategiinfluencer marketing yang efektif,” lanjut Alex.  

4. Menggunakan sistem analisis

Gojek x Allstar © 2021 brilio.netGojek

Disamping itu, Allstars.id mengaplikasikan sistem analisis untuk memastikan para pelaku UMKM menjangkau influencer dengan demografi dan audiens yang relevan dan tepat sasaran.

Jadi para pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi GoBiz, dapat mengakses layanan Allstars.id melalui shuffle card selama periode promosi. Sementara khusus bagi para mitra usaha GoFood, mereka dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang Allstars.id melalui platform edukasi dan jejaring Komunitas Partner GoFood (Kompag).

RECOMMENDED BY EDITOR