Brilio.net - Pada bulan suci Ramadhan nggak sekadar menjalankan ibadah puasa saja lho. Pasalnya kamu bisa sekaligus meraih banyak pahala dengan berbagai kebaikan. Harus kamu ketahui, bulan Ramadhan menjadi momen terbukanya kesempatan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda. Maka jangan lewatkan untuk melakukan kebaikan sekecil apapun dengan hati yang ikhlas.

Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan yang juga memberikan banyak keberkahan adalah dengan memberikan makanan untuk orang yang berpuasa. Kebaikan ini bisa kamu lakukan sendirian atau dengan teman-teman lho. Sehingga kamu bisa lebih ringan dalam menjalankannya. Nggak melulu harus dalam jumlah besar, sekecil apapun yang kamu berikan, bisa menjadi ladang pahala yang berlimpah untuk tabungan di akhirat.

Selain memberikan kebahagiaan, memberikan makan orang yang berpuasa juga memiliki banyak manfaat nih. Mau tahu apa saja? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (9/4).

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa

1. Meraih ridho Allah SWT.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu keutamaan dari memberikan makan orang yang berpuasa adalah mendapat ridho dari Allah SWT ketika diiringi dengan ibadah lain seperti bersedekah. Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan,

"Puasa, salat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

2. Menambah keberkahan.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Rezeki nggak melulu berwujud harta dan kekayaan. Semua itu akan sulit dinikmati tanpa keberkahan. Dengan berbagi makanan kepada orang yang berpuasa, kamu bisa meraih keberkahan dari Allah SWT. Sebagaimana terdapat dalam hadits dikatakan, sedekah tidak akan mengurangi harta. Walaupun secara fisik berkurang, namun harta yang disedekahkan akan menjadi berkah. Sehingga kekurangannya tersebut tertutupi oleh keberkahannya.

3. Mempererat silaturahmi.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Memberikan makanan juga membuatmu bertemu dengan penerima kebaikan. Hal ini membuka jalan untuk menjalin silaturahmi di dalamnya. Disinilah letak kebaikan yang bisa kamu rasakan. Selain memberikan kebahagiaan, kamu juga sekaligus membuka pintu rezeki di dalam silahturrahmi. Nggak heran kalau ganjaran pahala berlipat ganda dijanjikan di dalam tindakan ini.

4. Mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam setiap kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas ada pahala yang menunggu. Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa ini akan membawamu untuk mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda:

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

5. Membuka peluang untuk mendapatkan surga.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Meraih surga di akhirat adalah cita-cita yang diharapkan umat muslim. Maka untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan dengan cara memberi makan orang yang berpuasa. Hal ini seperti yang disampaikan Ali Ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata," Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?" Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur." (HR. Tirmidzi)

Cara meraih pahala di bulan Ramadhan.

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Selain memberikan makanan kepada orang yang berpuasa, masih ada banyak jalan lain yang bisa kamu tempuh untuk meraih pahala. Ganjaran pahala yang berlipat ganda akan kamu peroleh jika melakukannya dengan sungguh-sungguh dan secara ikhlas.

1. Memperbanyak zikir.

Berzikir adalah amalan utama bagi orang berpuasa di bulan Ramadhan. Perbuatan baik ini dapat dilaksanakan kapan saja. Namun waktu yang paling baik yakni saat siang dan malam Ramadhan.

2. Melakukan tadarus.

Bulan Ramadhan adalah momen tepat jika kamu ingin menghatamkan Alquran. Seorang muslim yang berpuasa apabila menyelesaikan bacaan Alquran, akan mendapatkan keistimewaan. Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya.

3. Memperbanyak sholat sunah.

Meskipun tidak wajib, jika kamu melaksanakan amalan sholat sunah, pahala puasa juga akan semakin bertambah. Salah satu sholat sunah di bulan Ramadhan tak lain ialah sholat tarawih. Bisa kamu lakukan berjamaah di masjid, atau sendiri di rumah.

4. Menjalankan sholat fardhu.

Kalau kamu sudah berhasil menjalankan puasa dengan baik, tapi tidak sholat lima waktu, maka akan sia-sia. Kedua perintah ini sama-sama wajib, tidak boleh ditinggalkan. Dirikanlah sholat lima waktu secara lebih teratur dan tepat waktu. Satu rakaat sholat di bulan Ramadhan, punya berkah yang lebih banyak dibanding seribu rakaat di bulan lainnya.

5. Bersedekah.

Kalau pada bulan biasa pahala sedekah bisa dilipatgandakan Allah SWT 10 kali lipat, bagi orang berpuasa sedekah bisa dilipatgandakan sampai tak terhingga. Contohlah cara bersedekah dari Nabi Muhammad SAW.

"Rasulullah adalah suri tauladan yang patut dicontoh oleh umat muslim, sebab beliau semakin dermawan saat bulan Ramadhan." (HR. Al-Bukhari No. 4771 dan Muslim No. 2307).

6. Berzakat.

Zakat disebut juga sebagai penyempurna puasa Ramadhan. Zakat diwajibkan bagi semua muslim yang masih punya nyawa dan akal. Selain untuk beramal kepada sesama, zakat bisa jadi pembersih diri dari segala dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

"Puasa bulan Ramadhan digantungkan antara langit dan bumi, dan tidak akan diterima (dengan sempurna oleh Allah swt) kecuali dengan zakat fitrah."

Sementara itu zakat juga bisa menjadi pembersih diri selama bulan Ramadhan. Seperti halnya yang dijelaskan dalam hadits hasan riwayat Abu Daud

"Zakat Fitri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin."