Brilio.net - Surat Al Kautsar adalah surat pendek yang sering dibaca pada saat sholat setelah membaca surat Al Fatihah. Surat Al Kautsar dikatakan surat pendek karena hanya memiliki 3 ayat saja.

Surat Al Kautsar merupakan surat ke-108 dalam Alquran yang diturunkan di Mekah kepada Nabi Muhammad, sebab itu Al Kautsar masuk dalam golongan surat Makkiyah.

Al Kautsar memiliki arti nikmat yang berlimpah. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/6) dinamakan surat Al Kautsar yang merupakan nama sungai di surga dan dapat pula diartikan nikmat yang banyak, diambil dari ayat pertama dari surat ini. Surat ini juga dinamakan surat An Nahr, diambil dari ayat kedua.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu terkait asbabun nuzul surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, "Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?"

Maka Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar. "Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?"

Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR. Ahmad; shahih)

Surat Al Kautsar, Arab, Latin dan Arti

1.

innaa a'tainaakal-kausar

Artinya:

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

2.

fa salli lirabbika wan-har

Artinya:

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

3.

inna syaani'aka huwal-abtar

Artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."

2 dari 2 halaman

Keutamaan Surat Al Kautsar

Seorang Muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al Kautsar setiap hari, maka ia akan mendapatkan beberapa keutamaan dari surat Al Kautsar. Keutamaan-keutamaan surat Al Kautsar yaitu sebagai berikut.

1. Diberikan nikmat oleh Allah.

Barangsiapa yang membaca surat Al Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup dan di akhiratnya kelak. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al Kautsar di surga kelak.

2. Memberi arahan untuk mensyukuri nikmat Allah.

Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat dan qurban. Yakni sholat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Menjadikan keluarga menjadi harmonis.

Dengan membaca dan mengamalkannya setelah melaksanakan sholat tahajud bersama pasangan, maka surat Al Kautsar dapat membantu membuat hubungan antara suami istri dan keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawadah dan warohmah.

4. Alat ikhtiar penyembuh penyakit.

Surat Al Kautsar dapat dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari segala macam penyakit kepada Allah. Dengan membaca surat Al Kautsar saat akan minum, insya Allah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil.

5. Melunakkan hati seseorang.

Dengan membaca surat Al Kautsar sebanyak tiga kali, hati orang yang akan ditemui oleh seseorang yang membacanya maka akan melunakkan hati orang tersebut. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al Kautsar juga akan mendapatkan ketentraman dalam hati.

6. Sebagai pembuka rezeki.

Dengan membaca surat Al Kautsar setiap hari maka surat tersebut dapat dijadikan alat untuk pembuka rezeki. Sehingga rezeki yang didapatkan dari Allah akan bertambah.

7. Membebaskan dari kedzoliman.

Jika seorang Muslim sedang didzolimi orang lain kemudian ia membaca surat Al Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati yang ikhlas dan berserah diri kepada Allah, maka ia akan terbebas dari kedzoliman tersebut.

8. Dapat mencicipi air dari surga kelak di akhirat.

Ketika semasa hidup seorang Muslim rutin membaca surat Al Kautsar, maka Allah akan memberikan suatu pertolongan ketika di akhirat nanti dengan memberikan minuman yang diambil dan berasal dari surga langsung.

9. Membuka jalan untuk terkabulnya doa.

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan, sebagai seorang Muslim yang baik untuk mendapatkan sesuatu yang sedang diinginkan selain dengan berusaha juga harus diiringi doa. Dengan berdoa dan mengamalkan surat Al Kautsar saat terjadinya hujan disertai rasa ikhlas dari dalam hati, insya Allah doa yang dipanjatkan akan ditunjukkan titik terangnya oleh Allah dengan dikabulkan doa-doanya.

10. Sebagai alarm pembangun tidur.

Seorang Muslim yang memiliki kebiasaan bangun siang atau kesulitan untuk bangun pagi, maka dapat mengamalkan surat Al Kautsar dengan membacanya sebanyak 7 kali sebelum tidur di malam hari. Maka insya Allah ia akan mudah terbangun di pagi hari, terutama untuk melakukan sholat subuh.