Brilio.net - Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran. Surat Yasin yang terdiri dari 86 ayat, 733 kata, dan 3.068 huruf ini diturunkan di Kota Mekkah, disebut sebagai surat Makkiyah.

Kandungan Surat Yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah. Dalam Surat Yasin banyak menjelaskan tentang akidah dan keimanan seorang muslim.

Keutamaan Surat Yasin

Keutamaan surat ini adalah ampunan yang diberikan Allah SWT bagi orang yang senantiasa membacanya untuk mendapatkan ridha Allah.

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca Surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni." (HR Ahmad)

Hal tersebut membuat Surat Yasin mempunyai kedudukan tersendiri dalam tradisi kehidupan sebagian umat Islam.

Surat Yasin sering dibaca oleh masyarakat Indonesia, khususnya di malam Jumat. Selain itu Surat Yasin juga dibaca saat tahlilan apabila ada orang yang meninggal dunia.

Berikut ini beberapa keistimewaan Surat Yasin yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/4).

1. Mendapatkan ampunan dosa

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya."(HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

Orang yang senantiasa membaca surat Yasin dan mengamalkannya, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam hadits riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca Surat Yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

2. Dipermudah saat sakaratul maut

"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani, dari pernyataan Anas bin Malik).

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam, maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

3. Dipermudah segala urusannya

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

Membaca Surat Yasin dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pekerjaan, pertikaian, dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan ketenangan hati setelah membacanya

Membaca Alquran sama halnya dengan berdizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dizikir maka hatinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca surat Yasin atau surat lainnya.

Seperti firman Allah, "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Ar-raad: 28).

5. Terhindar dari siksa kubur

Fadhilah Surat Yasin diyakini bisa meringankan dari siksa kubur yang mengerikan. "Barangsiapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

6. Mempermudah sakaratul maut

Membaca Surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Alquran Al azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Alquran Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

"Disunahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu'syaih Al muhadzdzab 5/76)

7. Meningkatkan keimanan

Apabila kita membaca Surat Yasin dengan memahami artinya, maka kita akan memahami betapa besar keagungan Allah, betapa mengerikannya kematian, dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa lalu demi membela Islam. Tentunya hal ini bisa membuat keimanan kita semakin bertambah.

8. Segala hajat dikabulkan

Apabila ada keinginan atau hajat yang dikehendaki, maka dengan membaca Surat Yasin diyakni urusan akan dikabulkan Allah.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:
"Barang siapa yang membaca Surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

9. Membantu pengampunan agar diterima Allah

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (Al-baihagy dalam sy'abil iman serta mu’qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

10. Memperoleh pahala berlipat ganda

Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, mereka menjelaskan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan, Surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Al-Quran akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran.

11. Mendapat keberkahan dalam hidup

Manfaat membaca Surat Yasin sebanyak 3x bisa membuat keberkahan hidup semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pahala membaca ayat suci Alquran ini. Jika hidup menjadi lebih berkah, maka segala urusan di dunia maupun di akhirat pasti akan lebih lancar.

Bahkan Surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah segala urusan, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hambanya yang taat.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:
"Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

12. Mendapatkan kemuliaan

Pada dasarnya setiap surat di Alquran itu baik. Dengan membaca Alquran secara rutin, termasuk Surat Yasin, maka kita akan dimuliakan Allah.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:
"Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Alquran)." (HR Abu Daud).

13. Memberikan syafa'at di akhirat

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

"Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

14. Membersihkan jiwa

Rutin membaca Alquran dapat membuat jiwa jadi bersih. Ini bisa diibaratkan laksana bunga yang beraroma harum. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Alquran, termasuk Surat Yasin.

Dari shahabat Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Perumpaan seorang mukmin yang rajin membaca Alquran adalah seperti buah al-atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah kurma tidak ada aromanya namun rasanya manis."

15. Mendapatkan cahaya di hari kiamat

Dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang medengar satu ayat daripada kitab Allah Ta'ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat."