Brilio.net - Sholat Subuh memang memiliki keistimewaan tersendiri dan juga tantangan, yakni orang harus bangun pagi, meski pelaksanaannya cukup singkat karena hanya terdiri dari dua rakaat saja. Tak hanya itu saja, ada tambahan bacaan doa qunut. Pembacaan qunut memang tidak wajib, namun jika dibaca akan mendapat pahala.

Hukum qunut sunah. Para sahabat Nabi seperti Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Tholib, Ibnu Abbas dan Barra Bin Aziz mensunahkan qunut.

Keutamaan doa qunut saat salat subuh freepik.com

foto: freepik.com

Dalil yang dijadikan pedoman untuk mensunahkan qunut adalah hadits Nabi Muhammad SAW: Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A, beliau berkata, "Rasulullah senantiasa membaca qunut ketika sholat Subuh sehingga beliau wafat."(HR. Ahmad).

Secara bahasa, qunut artinya doa. Sementara secara istilah qunut dibagi dua, yaitu qunut nazilah yaitu qunut yang dibaca dalam sholat fardu ketika umat Islam menghadapi bahaya, wabah penyakit, bencana atau tantangan dari orang kafir.

Qunut kedua yakni dibacakan ketika menunaikan sholat Subuh, yakni pada saat i’tidal rakaat ke-2 dalam sholat Subuh atau Witir.

Bacaan qunut

Keutamaan doa qunut saat salat subuh freepik.com

foto: freepik.com

"Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Keutamaan membaca doa qunut

Keutamaan doa qunut saat salat subuh freepik.com

foto: freepik.com

1. Memberikan petunjuk.

Pada bacaan doa qunut, ada bacaan yang berbunyi "Allahummahdinii fii man hadaiit", di mana doa ini memiliki arti sebagai suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk. Jika membaca doa qunut ketika sholat subuh itu artinya kita selalu mohon petunjuk kepada Allah.

2. Mendapatkan perlindungan.

Dalam bacaan doa qunut terdapat bacaan, "Wa’aafinii fii man ‘afaiit", di mana artinya adalah "Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan". Doa itu menjadi suatu yang begitu kuat, Allah SWT memberikan perlindungan kepada hambanya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.

3. Meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang didapat.

Pada bacaan qunut terdapat doa "wabaariklii fiimaa a’thoiit", artinya adalah berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih". Kalimat ini menjelaskan bahwa Allah akan selalu memberikan berkah kepada hambanya yang selalu bersyukur.

Nikmat dan berkah yang diberikan Allah kepada hamba-Nya akan benar-benar bisa dirasakan jika seseorang bisa mensyukurinya.

4. Terhindar dari penyakit.

Dalam doa qunut ada kalimat "wa’aafini fii man hadaiit" yang diyakini memberi pelindungan berbentuk keselamatan. Bentuk keselamatan di sini bisa berupa kesehatan, di mana setiap hamba Allah yang bertakwa akan mendapatkan pelindungan dari berbagai penyakit. Rajin membaca doa qunut akan membuat manusia terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Bacaan niat sholat Subuh

Keutamaan doa qunut saat salat subuh freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum mendirikan sholat, jangan lupa untuk melakukan niat sholat Subuh. Selain menanamkan dalam hati, kamu juga bisa melafalkan bacaan niat sholat Subuh baik saat melaksanakan sendirian maupun berjamaah dengan imam. Berikut ini bacaan niat sholat Subuh yang bisa kamu lafalkan.

1. Bacaan niat sholat Subuh sendiri.

"Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala."

2. Bacaan niat sholat Subuh sebagai makmum.

"Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala."

3. Niat sholat Subuh sebagai imam.

"Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala."

Tata cara sholat Subuh

1. Niat sholat Subuh.

2. Takbiratul Ikhram, berdiri sambil mengucapkan takbir "Allahu Akbar". Pandangan mata melihat ke arah tempat sujud. Tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan di atas tangan kiri

3. Membaca doa Iftitah. Doa Iftitah dalam sholat hukum bacaannya adalah sunnah

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca salah satu surat dari Al-Quran

6. Melakukan gerakan Ruku' dengan tuma'ninah

7. Melakukan gerakan I'tidal dengan tuma'ninah

8. Melakukan gerakan sujud dengan tuma'ninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

10. Sujud lagi sambil membaca bacaannya

11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua. Gerakan rakaat kedua sama seperti di rakaat pertama hanya saja ada tambahan doa saat kamu melakukan I’tidal

12. Di rakaat kedua, saat I’tidal kamu dianjurkan untuk membaca doa qunut

13. Setelah selesai membaca doa qunut, kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan takbir (Allaahu Akbar) tanpa mengangkat kedua tangan

14. Sujud

15. Salam.

Bacaan dzikir setelah sholat fardhu

Keutamaan doa qunut saat salat subuh freepik.com

foto: freepik.com

1. Membaca istighfar.

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih." (3x)

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Membaca kalimat tauhid.

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.

Allahumma laa maani'a limaa a'thoyta wa laa mu'thiya limaa mana'ta wa laa yanfa'u dzal jaddi minkal jaddu."

Artinya: "Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan."

3. Doa memohon perlindungan dari siksa neraka.

Baca doa berikut ini sebanyak tiga kali.

"Allahumma ajirni minan-naar."

Artinya: "Ya Allah lindungilah aku dari api neraka."

4. Membaca doa keselamatan.

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik."