Brilio.net - Kesenjangan sosial merupakan perbedaan kondisi ekonomi antara kelompok satu dengan kelompok lainnya. Dalam artian lain, kesenjangan sosial adalah suatu kondisi terjadinya ketidaksamaan atau tidak seimbang akses untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dalam suatu masyarakat.

Faktor kesenjangan sosial disebabkan karena adanya perbedaan status sosial, ekonomi, budaya, kemiskinan, hingga kurangnya lapangan pekerjaan. Kesenjangan sosial sering disebut sebagai ketimpangan sosial, karena adanya perbedaan yang sangat terlihat atau mencolok dalam sebuah masyarakat.

Kesenjangan sosial terjadi saat sumber daya yang ada di dalam suatu masyarakat tidak tersebar secara merata, hal ini menimbulkan pola-pola khusus berdasarkan kategori-kategori yang ditetapkan secara sosial. Adanya kesenjangan sosial dapat mengakibatkan ketidakadilan pada suatu masyarakat. Oleh sebab itu, sumber daya perlu disebarkan secara merata kepada tiap-tiap daerah masyarakat yang masih membutuhkan.

Di balik adanya kesenjangan sosial tentu terdapat penyebab dan dampaknya. Lantas apa yang menjadi faktor penyebab serta dampak yang ditimbulkan dari adanya kesenjangan sosial? Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (12/4).