Brilio.net - Dunia entertainment memang penuh warna. Tak jarang mengejutkan. Sosok selebriti sebagai publik figur selalu menarik untuk diikuti. Apa saja kabar terbaru yang menyeret nama selebriti selalu sukses membuat publik heboh. Bukan hanya kabar baik saja, tapi justru kabar negatif bahkan yang baru rumor atau isu tentang artis bisa menyebar dengan sangat cepat.

Jika beberapa tahun belakangan kabar dan gosip terkini mengenai seleb hanya bisa dinikmati publik dari acara infotainment di TV, berbeda dengan kondisi sekarang ketika era media sosial. Belakangan, kabar terupdate selebriti justru datang melalaui akun-akun gosip di media sosial.

Akun gosip menyajikan informasi seputar selebriti pun menjamur. Sebut saja seperti, @lambe_turah, @lambe_nyinyir, @makrumpita, @lambe_lamis, serta masih banyak yang lainnya. Para akun gosip tersebut menampilkan beragam informasi terkini dari selebriti Tanah Air. Tak jarang, kini akun-akun tersebut justru menjadi sumber informasi publik.

 

akun gosip netizen © 2017 brilio.net



Uniknya, meski acapkali disebut sebagai akun yang nggak jelas atau bermutu, respon netizen terhadap akun gosip terbilang besar. Dalam hitungan menit, ratusan komentar muncul menanggapi postingan akun tersebut. Bahkan salah satu akun gosip di Instagram tersebut berhasil memiliki follower hingga 3 jutaan. Wow!

 

akun gosip netizen © 2017 brilio.net


Fenomena ini tentu saja menarik perhatian. Kenapa akun gosip bisa menjamur di publik internet di Indonesia. Dan sebenarnya seberapa menarik sebuah akun gosip hingga mampu menggugah minat para pengguna media sosial untuk mengikutinya?

Banyak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Salah satunya adalah kenyataan bahwa naluri manusia saat mengetahui sesuatu hal yang baru, maka rasa penasaran makin tinggi. Apalagi jika kabar terbaru tersebut berkaitan dengan selebriti atau idola mereka.

“Wajar kalau seseorang memiliki rasa ingin tahu terhadap sebuah fenomena yang sedang terjadi. Terlebih pada saat fenonema tersebut berkaitan dengan fenomena idola mereka,” terang psikolog Mellissa Grace, M.Psi saat dihubungi brilio.net via telepon, Kamis (3/8)

Lebih lanjut psikolog yang dulu tenar lewat acara 'Lenong Bocah' ini menjelaskan jika keberadaan akun gosip tersebut dimanfaatkan sebagai media hiburan. Kala seseorang harus berada di dalam rutinitas kerja atau aktivitas sehar-hari, terkadang bisa menimbulkan stres yang tinggi. Di tengah perasaan stres inilah rata-rata orang membutuhkan hiburan. Dengan adanya akun gosip, sekilas bisa memberikan hiburan di tengah rutinitas yang padat.

"Akun gosip ini menjadi media pengalihan dari isu pribadi yang sesungguhnya. Beberapa orang kadang bisa merasa atau merasa bisa lari sejenak dari persoalan hidup yang sesugguhnya dia alami. Dengan fokus pada berita si artis, netizen bisa lupa sejenak pada persolan hidup yang dia alami," tuturnya.

 

akun gosip netizen © 2017 brilio.net

 

Pernyataan ini juga diakui oleh salah satu karyawan swasta yang cukup aktif di media sosial. Pemilik akun Instagram @Riza*** itu mengakui alasannya tertarik memfollow akun gosip di Instagram untuk pengalihan dari kehidupan pribadinya.

Apalagi faktor kemudahan mengakses informasi juga sangat mendukung. Tinggal klik layar ponsel semua orang bisa menikmati gosip terbaru yang sedang hangat. Apalagi saat ini, ponsel seakan tak pernah lepas dari genggaman.

Hal senada juga diakui oleh seorang netizen pemilik akun @karinprad***, ia mengaku menyukai akun gosip karena mudah dijangkau.

"Akun gosip itu mudah dijangkau. Kita nggak perlu repot-repot menyalakan televisi untuk mendapatkan informasi kabar terkini seorang selebriti," ujarnya.

Selain untuk mengetahui kabar terkini tentang idolanya, akun gosip di Instagram juga menjadi media untuk katarsis emosi.

Apa sih katarsis emosi? Menurut Psikolog Mellissa Grace, M.Psi, katarsis emosi adalah bentuk pengekspresian emosi-emosi yang dirasakan.

"Orang-orang atau netizen yang merasa memiliki problem yang serupa dengan publik figur yang menjadi sumber berita seringkali merasa bisa bersimpati," tuturnya.

Menurut dia, ketika orang merasa bersimpati, mereka akan mengeluarkan uneg-uneg yang mereka pikirkan. Entah dalam bentuk komentar positif ataupun komentar negatif. Itu yang menjelaskan kenapa banyak orang nyinyir.

Selain alasan tersebut, para pengguna media sosial juga merasa bisa dengan bebas menuliskan apa saja di kolom komentar si akun gosip, tanpa dilihat langsung oleh sang artis.

"Di media sosial, identitas seseorang bisa disamarkan, seseorang mudah banget ganti nama akun. Habis ngomong, komentar nyinyir, ganti akun, hilang deh. Hal ini membuat beberapa individu merasa 'lebih aman' daripada berbicara langsung dengan orangnya," pungkas Mellissa.

Fenomena akun-akun gosip di media sosial ternyata juga memunculkan hal-hal unik. Tak sekadar artis yang jadi sasaran gosip, tapi cara menyampaikan gosip juga terbilang unik. Untuk menyebut sang admin, digunakan istilah Minceu. Serta beberapa kalimat unik yang kini banyak dihafal orang. "Dengan kekuatan Hengpon Jadul, Cekrek Cekrek Aplot," contohnya.

Perpaduan foto atau video dengan caption unik membuat gosip itu sukses menarik perhatian hingga ramai diperbincangkan.

"Caption yang ditulis tuh lucu-lucu, bikin tertarik buat baca dan lihat postingannya." ujar netizen pemilik akun @novalw**.

Ternyata niat seseorang untuk memfollow akun gosip di Instagram nggak cuma buat ngepoin kehidupan artis aja ya. Banyak alasan di balik ketenaran akun gosip di media sosial tersebut. Kamu yang ngaku anak kekinian, juga ikut follow akun gosip nggak nih? Sudah berapa akun gosip Instagram nih yang kamu follow?