Brilio.net - Tanaman hias sering difungsikan untuk memperindah sudut rumah atau kantor. Baik di halaman rumah ataupun dalam ruangan, ada banyak jenis yang bisa kamu manfaatkan. Masing-masing di antaranya pun memiliki kelebihan yang akan membuatmu semakin jatuh cinta.

Di balik tampilannya yang cantik, ada banyak tanaman hias yang menyimpan manfaat menarik. Seperti halnya tanaman keladi tikus yang bisa mengatasi peradangan, mengobati bisul sampai meredakan stres. Meski memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, namun kamu juga tetap harus berhati-hati dalam merawat tanaman hias. Pasalnya justru ada beberapa tanaman yang memiliki kandungan racun jika tertelan dalam tubuh.

Nggak hanya memberikan pengaruh pada manusia, namun juga pada hewan peliharaan yang tanpa sengaja memakannya. Maka dari itu kamu perlu lebih bijak dalam memilih lokasi penempatannya. Nah ada tanaman apa saja sih yang beracun jika tertelan dalam tubuh? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari housebeautiful.com pada Rabu (10/3) berikut ini.

1. Peace lily.

Tanaman hias beracun © Istimewa

Loading...

foto: freepik.com

Untuk para pencinta tanaman mungkin nggak asing lagi dengan tanaman peace lily. Dengan penampilan yang cantik, tanaman hias ini akan membuat lingkunganmu menjadi lebih sejuk. Tapi di balik itu, peace lily harus kamu waspadai karena beracun jika tertelan dalam tubuh. Maka dari itu akan lebih baik kalau kamu menempatkan peace lily di area yang tidak mudah terjangkau anak kecil ataupun hewan peliharaan.

2. Devils Ivy.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Devils Ivy atau yang juga memiliki julukan pathos dan juga sirih gading, kerap direkomendasikan untuk para pemula. Tanaman merambat dan gantung ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memperindah sudut rumah. Dengan kemampuan tumbuh ke segala arah, pathos semakin membuat para pencinta tanaman jatuh cinta. Namun tetap waspada dalam perawatannya ya, agar anak-anak dan hewan peliharaan tidak memakan tanaman ini.

3. Keladi.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Selanjutnya ada tanaman keladi yang memiliki kandungan beracun jika tertelan tubuh. Pasalnya, para ahli di Clear It Waste menjelaskan, jika keladi tertelan akan mengakibatkan pembengkakan, sakit mata, diare, hingga muntah. Meski begitu, harus diakui tanaman tropis ini mudah memikat mata dengan kecantikannya. Apalagi untuk kamu yang sedang mencari dekorasi rumah, keladi bisa jadi jawaban yang tepat.

4. Sago palm.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Dengan bentuk daun yang runcing, sago palm cocok untuk hiasan rumah ataupun sudut ruangan pribadimu. Namun jangan asal meletakkan sago palm terutama pada area yang mudah terjangkau hewan peliharaan dan bayi. Fatalnya, jika tanaman ini tertelan akan menyebabkan muntah, diare, dan dalam beberapa kasus sampai dengan gagal hati.

5. Calla lilly.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Calla lilly juga nggak kalah menggoda untuk dirawat. Warnanya yang segar dan cantik sering digunakan untuk mempercantik halaman, namun ada juga yang memilih merawat tanaman ini di area indoor. Namun jangan lengah, calla lilly menyimpan kandungan kristal kalsium oksalat yang bisa menyebabkan nyeri dan bengkak jika tertelan manusia. Maka lebih bijaklah dalam memilih tempat menyimpannya ya.

6. Arrowhead.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: Instagram/@joyusgarden

Kalau kamu pernah merawat tanaman arrowhead, pasti nggak asing lagi dengan tampilannya yang berbentuk hati. Tanaman ini cukup populer menjadi tanaman hias di rumah. Namun saat merawatnya kamu perlu berhati-hati. Daun arrowhead memiliki getah yang bisa berbahaya jika tertelan.

7. Philodendron.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Selain arrowhead, kamu juga bisa memilih philodendron untuk tanaman dengan daun berbentuk hati. Dengan penampilannya yang menarik, membuat philodendron sampai dijuluki sebagai loving tree. Tanaman yang berasal dari hutan Amerika Selatan ini juga memiliki potensi berbahaya jika tertelan manusia ataupun hewan peliharaan.

8. Dieffenbachia.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Jangan lengah juga saat merawat tanaman hias dieffenbachia. Sama dengan calla lilly, tanaman hias ini mengandung kristal kalsium oksalat berbentuk jarum yang disebut raphides. Jika tertelan, dampaknya akan menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan untuk kesehatan.

9. Lidah mertua.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Sama eksisnya dengan keladi, lidah mertua kini masih jadi incaran para pencinta tanaman. Bukan tanpa alasan, lidah mertua memiliki banyak jenis yang menarik untuk dirawat. Apalagi tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik saat di area outdoor ataupun indoor. Ditambah, tanaman yang dijuluki sebagai snake plant ini bisa membersihkan udara dari polusi. Eits, namun tetap berhati-hati ya dalam memilih lokasi perawatan lidah mertua. Karena jika tertelan akan menimbulkan efek beracun pada tubuh.

10. English ivy.

Tanaman hias beracun © Istimewa

foto: freepik.com

Tanaman dengan nama lain hedera ini menjadi salah satu tanaman yang juga terkenal di kalangan pencinta tanaman hias. Tanaman dengan bentuk daun runcing ini memiliki kemampuan merambat pada pohon. Akan tetapi, english ivy akan menimbulkan gangguan pada kulit dan organ tubuh lainnya jika tertelan. Mulai dari muntah, tenggorokan bengkak, dermatitis, hingga ataksia.

RECOMMENDED BY EDITOR