Brilio.net - Kekurangan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis yang sedang menangani pasien Virus Corona (Covid-19), terutama masker ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Para tenaga medis di sejumlah negara di Eropa juga mengalami hal serupa.

Salah satu negara di Eropa yang kini juga tengah berjibaku menghadapi penyebaran Virus Corona adalah Rumania. Di negara ini, berdasarkan data Crisis Response Google, saat ini tercatat sudah ada 762 kasus positif Covid-19 di sudah ada delapan orang yang meninggal. Sementara yang sembuh mencapai 79 orang.

Para tenaga medis di Rumania saat ini juga sedang kesulitan untuk mendapatkan masker yang sesuai standard WHO. Dalam kondisi seperti ini, anggapan di masa sulit seringkali muncul kreativitas mungkin ada benarnya. Kondisi ini membuat sebuah tim di Universitas Teknis Gheorghe Asachi di Iasi, timur laut Rumania tergerak untuk mencari solusinya.

Mereka memodifikasi masker untuk snorkeling dengan menambahkan filter yang dibuat melalui pencetakan 3D untuk dijadikan masker agar dapat digunakan oleh staf medis yang berinteraksi dengan pasien Covid-19. Seperti dilaporkan Stirileprotv.ro, cara kreatif ini diunggah di akun Facebook Bogdan Iliescu, ahli bedah saraf yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Iasi.

Dia menjelaskan bahwa topeng modifikasi pertama akan diuji di beberapa rumah sakit besar di Iasi. Jika dokter merasa masker ini bermanfaat, maka mitra dalam proyek ini akan mengirimkan 100 buah dalam waktu dua hari.

Loading...

Masker modifikasi ini dikembangkan tim Iris Robotics di #FabLabIasi, Universitas Gheorghe Asachi. Masker ini bisa digunakan berulang-ulang dengan catatan filternya harus diganti.

Metode yang sama untuk memodifikasi masker snorkeling juga telah digunakan selama beberapa hari di Italia, negara Eropa yang saat ini paling parah terpapar pandemi Covid-19.

RECOMMENDED BY EDITOR