Brilio.net - Sebagai umat Islam, tentu dianjurkan untuk selalu berdoa dalam keadaan apapun. Dari mulai berdoa saat mengawali aktivitas, mengakhiri aktivitas, berdoa saat sedang kesulitan, dan berdoa untuk mendapatkan keselamatan atau kebahagiaan dunia dan akhirat.

Salah satu doa yang sering dibaca umat Islam terutama setelah menunaikan sholat, yakni doa sapu jagat. Doa sapu jagat merupakan doa untuk meminta keselamatan, kebaikan, serta keberkahan dari Allah SWT.

Kebaikan tentunya tidak hanya dibutuhkan ketika hidup di dunia, tapi juga di akhirat kelak. Kebaikan yang dimaksud semata datang dari Allah SWT.

Doa sapu jagat adalah lafal doa yang paling banyak dibaca Nabi Muhammad. Intensitas yang tinggi menunjukkan betapa pentingnya doa ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lafal doa sapu jagat ini bukan berasal dari hadits semata. Lafal doa ini dikutip dari Alquran, Surat Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi sebagai berikut:

Keistimewaan bacaan doa sapu jagat © 2021 brilio.net

"Wa min-hum may yaqulu rabbana atina fiddunyaa hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina azaaban-naar."

Artinya:

"Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Doa sapu jagat.

Keistimewaan bacaan doa sapu jagat © 2021 brilio.net

Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar.

Artinya:

"Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungilah kami dari siksa neraka"

Keistimewaan doa sapu jagat.

Keistimewaan bacaan doa sapu jagat © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Disukai Rasulullah.

Doa sapu jagat adalah salah satu doa pendek yang disukai oleh Rasulullah. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyukai doa-doa yang singkat dan padat maknanya, dan meninggalkan selain itu."

Dan diriwayatkan pula dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu mengatakan:

"Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam adalah Allahumma Aatinaa fid Dunyaa Hasanah, wa fil Aakhiroti Hasanah, wa Qinaa ‘Adzaaban Naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa Neraka)."

2. Memohon kebaikan di dunia.

Dengan membaca doa sapu jagat, seorang muslim akan terlindung dari segala bentuk keburukan di dunia. Memohon kebaikan berarti mengharapkan bahwa hidup yang dilalui benar-benar sesuai dengan ketetapan dan perintah Allah.

3. Memohon kebaikan di akhirat.

Seorang manusia harus ingat bahwa dirinya tak selamanya berada di dunia. Setiap manusia akan mati dan hidup di akhirat. Doa sapu jagat tak hanya memberikan kebaikan di dunia, namun juga di akhirat.

4. Memohon perlindungan dari panas api neraka.

Ketika sudah meninggal, manusia akan dihitung amal buruk dan amal baiknya. Jika berat amal baik, maka orang tersebut akan masuk surga, sedangkan yang berat amal buruknya akan masuk nareka.

Dengan membaca doa sapu jagat, maka memohon ampunan kepada Allah dari segala kesalahan dan kekhilafan selama hidup di dunia.

Karenanya, doa sapu jagat baik dibaca setiap hari agar terhindar dari siksa api neraka. Tentunya doa sapu jagat harus diiringi dengan perbuatan yang dapat mendatangkan pahala.

Waktu mustajab membaca doa sapu jagat.

Keistimewaan bacaan doa sapu jagat © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Doa sapu jagat bisa dibaca di mana saja dan kapan saja. Namun ada beberapa waktu yang mustajab untuk membaca doa sapu jagat. Berikut waktu-waktu mustajab untuk membaca doa jagat:

1. Setelah adzan dikumandangkan.

Setelah membaca doa sesudah adzan, dilanjutkan dengan berdoa untuk keselamatan dunia dan akhirat agar selalu dilindungi oleh Allah.

2. Setelah sholat fardhu.

Alangkah baiknya setelah sholat tidak hanya berdoa untuk meminta apa yang diinginkan di dunia, namun juga harus memanjatkan doa keselamatan dunia dan akhirat

3. Setelah sholat sunnah (lebih baik malam hari).

Sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat, dan sholat sunnah lainnya.

Waktu sepertiga malam ini antara pukul 01:00 dini hari sampai sebelum masuknya waktu subuh. Setelah mengerjakan sholat malam ini juga menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

4. Pada malam lailatul qodar.

Pada malam lailatul qodar, umat Islam berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya. Jangan lupa berdoa memohon keselamatan dunia dan akhirat.

5. Malam ke-23 bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dari bulan-bulan lainnya. Karena pada bulan ini muslim di dunia mengerjakan puasa wajib Ramadhan. Pada malam ke-23 bulan Ramadhan diyakini banyak keberkahan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR