Brilio.net - Karomah berasal dari bahasa Arab yang artinya kemuliaan, kehormatan. Kemuliaan dan kehormatan ini tidak sembarang orang dapat memilikinya, hanya hamba Allah yang terpilih saja dan bisa mendapatkannya, yaitu hamba-hamba Allah yang saleh.

Karomah dimiliki oleh sebagian orang yang suka menjalankan ajaran-ajaran Allah, kebaikan, sunnah, dan memiliki keistiqomahan yang sempurna. Sehingga Allah memberikan kemuliaan dengan karomah kepada siapa yang dikendakiNya.

Syarat suatu kejadian dapat dikatakan sebagai karomah, diantaranya orang-orang yang beriman, jujur, bertakwa, dan menjalankan syariat Allah. Hal ini disampaikan dalam firman Allah surat Yunus ayat 61-63, yang artinya:

"Ingatlah sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada ketakutan terhadap mereka dan tidak (pula) bersedih hati. Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka yang selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira didalam kehidupan dunia dan (dalam kehidupan) akhirat." (QS. Yunus:61-63).

Dinamakan karomah adalah suatu karunia dari Allah berupa kelebihan dari manusia beserta anugerah yang cenderung nggak masuk akal. Maksud dari nggak masuk akal adalah murni datang dari sisi Allah, misalnya karunia bisa berpindah tempat tanpa berjalan, bisa menghilang, dan yang lainnya.

Lebih lanjut, yuk simak penjelasan mengenai karomah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (2/5).