Brilio.net - Kata kapitalisme pastinya sudah menjadi hal yang jamak di telinga masyarakat Indonesia. Terlebih perkembangan zaman seperti saat ini membuat orang bebas berbagi informasi dan pengetahuan. Namun, yang menjadi pembahasan kali ini adalah apa itu kapitalisme?

Kapitalisme berasal dari kata 'capital' yang berarti modal. Dalam artian lain, kapitalisme adalah sistem ekonomi yang menekankan peran modal berupa kekayaan dalam segala jenisnya, termasuk barang yang digunakan dalam proses produksi maupun barang simpanan. Sistem ekonomi kapitalisme memberikan kebebasan penuh bagi setiap orang untuk mengendalikan kegiatan ekonominya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kapitalisme adalah sistem dan paham ekonomi yang modalnya bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas. Dalam sistem ekonomi ini tentunya setiap orang dapat mengambil manfaat atas harta atau kekayaan sebagai alat untuk produksi atau berusaha.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut ciri dan dampak dari kapitalisme, Selasa (10/5).

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR