Brilio.net - Menuntut ilmu tak kenal batas usia. Tampaknya inilah yang dibuktikan oleh Liang Shi, seorang kakek asal China. Dilansir brilio.net dari Shanghai Daily, pria berusia 55 tahun ini menunjukkan kegigihannya mengikuti ujian masuk universitas (gaokao). Liang Shi mengatakan bahwa saat remaja, dirinya sudah bermimpi masuk ke Universitas Sichuan.

Diketahui, Liang Shi telah mengikuti ujian gaokao sejak tahun 1983. Pada Juni 2021 lalu, skor terbaiknya hanya 400 dari 750 poin. Nilai minimum harusnya mencapai 521 yang menjadi syarat masuk.

Ia juga mengalami kegagalan 25 kali dalam menyelesaikan bagian soal-soal sains. Karena itu, Liang pun berencana untuk beralih memilih ujian masuk ke jurusan seni.

kakek 55 tahun ujian masuk Universitas Berbagai sumber

foto: Shanghai Daily

"Saya baru berusia 55 tahun, dan saya masih muda. Saya tidak mengalami kesulitan belajar sejarah dan geografi sejauh ini," kata Liang Shi.

Mengetahui hal ini, orang-orang di sekitar Liang Shi sempat memintanya untuk menyerah. Terlebih Gaokao dianggap oleh banyak orang sebagai ujian masuk universitas terberat di dunia.

kakek 55 tahun ujian masuk Universitas Berbagai sumber

foto: YouTube/Sixth One

Meski demikian, Liang Shi tetap teguh dengan pendiriannya.  Liang Shi pun bertekad untuk tetap mencoba mengikuti ujian sampai dirinya diterima. Ia juga akan terus menerus mengikuti ujian masuk, meski sudah berulang kali gagal. Tahun ini menjadi upaya Liang Shi yang ke-26 untuk mengikuti ujian masuk universitas.

"Saya hanya menganggap skeptisisme orang sebagai motivasi dan menggunakan hasil tes saya untuk membuktikan bahwa mereka salah," tegas Liang Shi.

Tak kalah bikin salut, Liang Shi pun terus mempersiapkan ujian masuk universitas di tengah kesibukan menjadi pemilik perusahaan bahan bangunan yang sukses di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China.