Brilio.net - Buat kamu yang suka belajar Geografi, pasti nggak asing dengan nama-nama kota, atau negara yang menggunakan awalan New. Seperti misalnya ada New York, New Mexico, atau New Orleans. Ada juga New Zealand atau Selandia Baru. Sebuah negara di ujung selatan planet bumi, yang punya bentang alam yang indah.

Siapa sangka dibalik kata New Zealand atau Selandia Baru ini terdapat makna filosofis yang unik. Sebelum mengulas makna Selandia Baru, mari membahsa Selandia Lama terlebih dulu. Untuk kamu yang penasaran, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/1).

Pada masa penjelajahan dunia oleh bangsa Eropa, para pelaut ulung dari Spanyol, Portugal, Belanda, dan Inggris, melakukan berbagai perjalanan jauh ke arah timur. Tujuan para penjelajah ini untuk mencari kekayaan dan daerah baru untuk dijadikan koloni. Penjelajahan dilakukan ke seluruh penjuru bumi termasuk bagian selatan.

Sebelum orang-orang Eropa ini datang ke kepulauan, kawasan di selatan benua Australia tersebut telah dimukimi oleh suku Maori yang datang sejak abad 12 hingga 13 masehi. Mereka datang dari Polinesia dan hidup berkelompok. Mereka bertahan hidup sampai kepulauan tersebut didatangi penjelajah asal Eropa.

Menurut sejarah Selandia Baru yang brilio.net kutip dari newzealandnow.govt.nz, kepulauan Selandia Baru menjadi daratan terakhir yang akhirnya dijadikan pemukiman oleh manusia. Hal ini dilatarbelakangi oleh letaknya yang ada di paling selatan bumi sebelum kutub selatan. Daratan ini pun ditemukan paling akhir oleh orang-orang Maori.